Jaksa Agung Burhanuddin Ancam Jajarannya Cari Keuntungan Pada Kebijakan Keadilan Restoratif, Laporkan!

- 5 Oktober 2021, 19:14 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin
Jaksa Agung Burhanuddin /Foto: Puspenkum Kejagung/beritasubang.com

BERITA SUBANG - Jaksa Agung Burhanuddin ancam jajarannya yang menyalahgunakan kebijakan Keadilan Restoratif atau restoratif justice untuk kepentingan atau keuntungan pribadi.

"Yang mau coba-coba menguji ketegasan saya silahkan," tegas dia saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis 2021) bidang Jaksa Agung Muda Pengawasan di Komplek Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa 5 Oktober 2021.

Dia menegaskan selain Bidang Tindak Pidana Umum yang melakukan monitoring dan pengawasan teknis terhadap pelaksanaan Keadilan Restoratif, Bidang Pengawasan dibawah komando Jamwas Amir Yanto juga mengambil peran aktif dalam memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif ini.

"Penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif merupakan terobosan hukum Kejaksaan yang diakui dan banyak diapresiasi masyarakat. Penerapan Keadilan Restoratif ini adalah bukti kepekaan insan Adhyaksa yang terus berupaya menghadirkan keadilan bagi masyarakat, khususnya para pencari keadilan dari masyarakat kecil," tutur dia.

Baca Juga: HBA Ke-61 Jaksa Agung Beberkan Capaian 1 Semester, Jampidsus Sita Aset Rp14 T, Jamwas Hukum 101 Pegawai

Karenanya dia mengingatkan apabila ada bawahannya yang melakukan pelanggaran, maka dirinya akan lakukan evaluasi atasannya hingga dua tingkat ke atas sebagai bentuk pertanggungjawaban atasan atas kegagalannya membina anak buah.

"Terhadap atasannya tersebut, apakah tidak menjalankan fungsi pengawasan secara benar. Apakah telah terjadi pembiaran bawahan melakukan pelanggaran, atau justru ikut berperan dalam pelanggaran tersebut," tegas Burhanuddin.

Mantan Jaksa Agung Muda Bidang Datun 2014 itu juga juga memberi peringatan untuk jangan pernah main-main dengan integritas.

"Saya harapkan Kejaksaan yang kita cintai ini diisi dengan orang-orang yang berintegritas," katanya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x