KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo Hadiri PACS 2021 di Hawai, Terkait Simulasi Penanganan Bencana Alam

- 3 September 2021, 10:19 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo /Foto: Dispen AU/

BERITA SUBANG - Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menghadiri Kegiatan Pacific Air Chief Symposium (PACS 2021) di Joint Base Hickam Airforce Base, Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat, sejak Rabu 1 September 2021.

Kegiatan yang secara resmi dibuka Commander Of Pacific Air Forces, General Kenneth S. Wilbach dihadiri peserta dari Para Komandan dan Kepala Staf Angkatan Udara 19 negara di Kawasan Pasifik, diantaranya tampak Chief of Staff of The USAF, General Charles Q Brown.

Pada PACS 2021 juga diadakan Table Top Exercise yang mensimulasikan Operasi Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) dari Beberapa Angkatan Udara di Kawasan Indo-Pasifik.

Ada skenario dalam Table Top Exercise ini, yakni terjadinya bencana alam badai tropis parah di Pulau Duyfken.

Simulasi sendiri penanganannya dilakukan peserta symposium yang terbagi dalam empat tim, yang mana setiap tim terdiri dari lima negara.

Kasau sendiri tergabung pada Tim Oahu, bersama dengan Chief of The Royal Australian Air Force, Air Marshal Mel Hupfeld, Vice of Chief of Staff of the France Air and Space Force, Liutenant General Frederic Parisot, dan Assitant of C-in C of the Royal Thai Air Force, Air Chief Marshal Dejudom Kongsri.

Selanjutnya tim melakukan simulasi penanganan bencana alam dan bantuan kemanusian melalui dua sesi.

Baca Juga: KSAU Jalin Pertemuan Bilateral Dengan Pejabat Militer Negara Sahabat Pada Kegiatan PACS 2021

Dimana sesi pertama, semua peserta bekerjasama dan berkordinasi untuk menentukan tindakan yang tepat pada penanganannya. Selanjutnya pada sesi kedua, para peserta akan bergabung dengan timnya masing-masing, dan menyiapkan resolusi penanganan bencana paling optimal, sesuai dengan peranan tim yang telah ditentukan oleh pemandu latihan.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah