Densus 88 Geledah LSM Syam Organizer di Kab. Bandung, Sita 1.540 Kotak Amal Diduga Penggalang Dana Teroris

- 18 Agustus 2021, 01:17 WIB
Kantor Syam Organizer di Jalan Gading Tutuka, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, dipasangi garis Polisi, Minggu 15 Agustus 2021
Kantor Syam Organizer di Jalan Gading Tutuka, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, dipasangi garis Polisi, Minggu 15 Agustus 2021 /Polresta Bandung.

BERITA SUBANG - Detasemen Khusus (Densus) 88 menyita 1.540 kotak amal dari kantor LSM bernama Syam Organizer di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, karena diduga digunakan sebagai wadah penggalangan dana terorisme.

Hal ini diungkapkan Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, yang mengatakan Densus 88 melakukan penggeledahannya Minggu, 15 Agustus 2021 lalu. 

Kombes Ahmad mengonfirmasi Densus tidak mengambil kotak amal yang di masjid, melainkan di kantor LSM Syam Organizer.

"Di kantor, cuma yang diamankan itu banyak, ada 1.540 celengan," katanya, seperti dikutip dari laman Divisi Humas Polri.

Ahmad belum membeberkan detail bagaimana metode pendanaan terorisme yang menggunakan kotak amal dari lembaga tersebut.

Kantor Syam Organizer di Kumendaman, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, pada April 2021 lalu juga pernah digeledah Densus 88.

Divhumas Polri, dalam keterangan di laman resminya mengatakan, profil LSM Syam Organizer, seperti tercantum di situsnya, syamorganizer.og, sudah didirikan sejak 2013.

Disebutkan bahwa Syam Organizer tadinya adalah sebuah event organizer (EO) yang mengadakan roadshow tabligh akbar.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah