Masyarakat yang Curi Start Mudik Diminta Isolasi Mandiri

- 7 Mei 2021, 08:37 WIB
Petugas saat memeriksa surat-surat kendaraan para pemudik di Pos Penyekatan Kecipir Brebes.
Petugas saat memeriksa surat-surat kendaraan para pemudik di Pos Penyekatan Kecipir Brebes. /Dok.Humas Polres Brebes/

BERITA SUBANG -Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meminta masyarakat untuk waspada penyebaran Covid 19 dan berharap para pendatang yang mudik ke Kota Malang lebih awal agar melakukan isolasi mandiri guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Tadi ada PT KAI yang datang silahturahmi audiensi dengan kami, ternyata sudah ada lonjakan yang luar biasa curi start, diprediksi sudah 7 juta yang sudah mudik," kata Wali Kota Malang Sutiaji Kamis 6 Mei 2021 malam.

Untuk itu, pihaknya akan minta kepada Sekda untuk memerintahkan ke Kasatpol PP, Dinas Kesehatan, Disporapar, untuk mengecek ke mal-mal.

Baca Juga: Hari Pertama Penyekatan Arus Mudik 2021, Polda Jabar Putar Balik 1.200 Kendaraan

"Nanti ada tim gabungan itu keliling, memastikan pengunjung di mal, di tempat-tempat wisata. Dipastikan memakai protokol kesehatan, dipastikan jumlah pengunjungnya tidak melebihi 50 persen kapasitas. Memastikan bahwa di sana tidak ada kerumunan masa," kata dia.

Sutiaji meminta para pemudik maupun masyarakat yang datang ke Kota Malang supaya melakukan isolasi mandiri sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Sampaikan kepada masyarakat bahwa tetap kita pakai protokol covid, mereka harus mengisolasikan diri dulu," tegas dia.

Baca Juga: Penyekatan Mudik 2021, Cirebon Titik Pengendalian yang Krusial, Menhub Tekankan Perlakuan Tegas, Namun Humanis

Ia menjelaskan menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, kerap terjadi kecenderungan peningkatan aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga dapat meningkatkan penyebaran virus Covid-19 di berbagai pusat keramaian.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x