Wiku Adisasmito : Percuma 'kucing-kucingan', Pemerintah Bakal Tegas Soal Larangan Mudik

- 6 Mei 2021, 14:23 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito,
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, /PMJ News/BNPB.

BERITA SUBANG - Juru Bicara Pemerintah Untuk Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan tidak ada gunanya masyarakat melakukan "kucing-kucingan" dalam upaya mudik ke kampung halaman.

"Kami tim Satgas Covid-19 terus bolak-balik sampaikan ke masyarakat, larangan mudik ini dalam rangka melindungi kita semuanya. Jadi tidak ada gunanya kita kucing-kucingan karena menjadi aturan pemerintah yang tegas," katanya saat talkshow “Tunda Mudik, Selamatkan Keluarga di Kampung”, yang disiarkan dari Media Center Graha BNPB Jakarta, Kamis 6 Mei 2021.

Menurut dia, jika nantinya kasus Covid-19 merebak, masyarakat itu sendiri yang menanggung akibatnya, terutama di daerah yang kasusnya Covid-19 tinggi nanti.

Baca Juga: Ini Pesan Satgas Covid-19 Terkait shalat Idul Fitri

Hal ini belum lagi dengan keterbatasan fasiitas kesehatannya yang memadai, apabila terjadi lonjakan kasus yang begitu besar.

"Maka kami selalu mengingatkan masyarakat dan kalau sampai terjadi pelanggaran, kita harus tegakkan aturan. Mohon maaf, kami harus tegas di dalam hal ini, karena ketegasan kita hanya satu yakni ingin menyelamatkan nyawa bangsa kita sendiri," ungkap Wiku yang juga
Koordinator Tim Pakar Covid-19.

Hal ini dikarenakan pihak Satgas Covid-19 sudah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga di tingkat pusat guna memastikan bahwa semua aturan dipenuhi oleh semua kementerian/lembaga.

Baca Juga: Tegas Penyekatan Mudik 2021, Polisi Amankan Truk Sayur yang juga Diisi Orang Mudik di Cikarang

"Dalam melakukan ini, kami ingin pastikan satu pemahaman yang sama dengan adanya koordinasi pimpinan daerah, TNI/Polri, dinas-dinas di berbagai seluruh di Indonesia hingga kepala desa. Kami minta paparan dalam menghadapi ramadhan dan mudik karena ada peningkatan ibadah yang potensi berkerumun banyak orang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x