Untuk Pemudik yang Diperbolehkan, Polri Tetap Mendorong untuk Dites Antigen, Tak Hanya Genose Lho

- 6 Mei 2021, 04:26 WIB
Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Budi Setyadi dan Kakorlantas Polri Irjen Istiono meninjau check point di terminal Pulogebang di Jakarta pada Selasa, 4 Mei 2021.
Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Budi Setyadi dan Kakorlantas Polri Irjen Istiono meninjau check point di terminal Pulogebang di Jakarta pada Selasa, 4 Mei 2021. /Antara Foto/Raisan Al Farisi/

BERITA SUBANG - Bagi pemudik yang diperbolehkan, yakni mereka yang memenuhi syarat, Polri tetap mendorong agar mereka tetap dites antigen, jadi tak hanya tes Genose saja.

Mengutip komentar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Budi Setyadi dari laman Divisi Humas Polri, petugas gabungan tetap meminta pemudik yang diperbolehkan melakukan tes Covid-19 berupa GeNose.

Hal ini dilakukan dengan kuota terbatas.

Namun, usai melihat banyaknya pemudik yang dikecualikan, Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengusulkan diberlakukan tes rapid antigen juga akan terhadap pemudik yang dikecualikan.

"Yang berikutnya terkait menyangkut masalah untuk yang GeNose, itu tidak menjadi kewajiban karena kami setiap hari di sini hanya memberikan sampel beberapa orang saja," kata Budi, dikutip oleh laman humas.polri.go.id pada Kamis, 5 Mei 2021.

Budi saat itu sedang meninjau bersama Kakorlantas Polri, dua hari sebelumnya, yakni Selasa 4 Mei 2021.

"Namun demikian, tadi atas usul dari Pak Kakorlantas, jadi kita mulai besok kita gunakan rapid antigen karena banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan pada hari ini dengan besok. Kita akan tambah lagi," kata Budi.

Ia menegaskan orang, yang pergi ke luar daerah dan harus sudah memiliki izin khusus. Seandainya tidak mengantungi izin khusus, maka akan diminta balik oleh petugas. 

"Mulai tanggal 6 (Mei), kita ada check point di terminal. Jadi setiap orang ke ruang tunggu, itu sudah ditentukan bahwa yang bersangkutan sudah memenuhi persyaratan terutama syarat administrasi. Kalau tidak membawa harus balik dulu mengumpulkan persyaratan itu," tutupnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x