DPR Minta Pemberantasan Separatis di Papua Harus Terstruktur

- 30 April 2021, 07:40 WIB
Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin
Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin /PIkiran Rayat

BERITA SUBANG - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengingatkan agar pasukan yang dilibatkan dalam pemberantasan separatis di Papua harus benar-benar terstruktur dan terkendali dengan baik.

Hal ini mengingat teroris di Papua sudah memiliki organisasi yang cukup kuat,terstruktur serta mendapat dukungan dari sebagian masyarakat. Karena itu,  pasukan yang dilibatkanpun harus terstruktur dengan baik.

Pernyataan itu disampaikan politisi PDI Perjuangan Jumat 30 April 2021. Dia juga menyambut baik keputusan pemerintah untuk mengategorikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai organisasi teroris.

Baca Juga: TP PKK Subang Upaya Raih Keberkahan Bulan Ramadhan Tebar Rezeki Sapapait Samamanis

Menurut Hasanuddin, Komando Pengendalian (Kodal) penumpasan teroris di Papua harus jelas, siapa bertanggung jawab kepada siapa.

Selain itu, sistem kordinasinya seperti apa dan yang terpenting targetnya pun harus terukur dengan baik dengan tetap memperhatikan HAM.

"Untuk menunjang keberhasilan, Pemerintah harus segera mengeluarkan Perpres tentang keterlibatan TNI dalam pemberantasan teroris. Jangan sampai kedodoran di lapangan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Waspadai Lonjakan Penularan Covid-19 Dimasa Idulfitri 2021

Hasanuddin mendesak agar setelah status KKB di Papua menjadi teroris, harus mendapat penanganan yang lebih komprehensif.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x