Ini Keunggulan Airlangga Hartarto Jika Diusung Jadi Capres 2024

- 2 April 2021, 11:59 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menggelar pertemuan silaturahmi di kantor DPP partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa malam 30 Maret 2021.
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menggelar pertemuan silaturahmi di kantor DPP partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa malam 30 Maret 2021. /Dok. Partai Golkar/

 

BERITA SUBANG - Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai Airlangga Hartarto punya dua keunggulan jika diusung sebagai calon presiden (capres) dibandingkan kandidat lain pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024.

Pertama, Airlangga Hartarto punya modal koneksi politik yang baik di level elite. Selain itu, Airlangga Hartarto punya jejaring yang cukup baik di level elite politik dan ekonomi.

Menurut Arya Fernandes, Airlangga Hartarto juga memiliki rekam jejak di legislatif, karena pernah menjadi anggota DPR. Sementara di bidang ekonomi, Airlangga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Emiten Indonesia.

“Jadi saya kira dia punya koneksi yang bagus dan yang kedua punya sokongan partai. Dua hal itu di sejumlah calon belum dimiliki,” kata Arya Fernandes kepada wartawan di Jakarta, Kamis 1 April 2021.

 Baca Juga: Masih Fokus Bantu Jokowi, Airlangga Enggan Bahas Usulan Golkar Soal Pencapresan 2024

Hanya saja, Arya Fernandes menyatakan, Airlangga punya pekerjaan rumah untuk dapat meningkatkan popularitasnya dalam skala nasional.

“Beliau punya tantangan dalam hal meningkatkan popularitas, tetapi calon-calon lain punya tantangan juga, misalnya yang populer namun tidak punya koneksi di level high politic. Banyak calon juga tidak bisa mengakses tokoh-tokoh penting di partai atau tidak punya sokongan partai,kata Arya Fernandes.

Airlangga Hartarto dalam beberapa pekan terakhir melakukan safari politik dengan bertemu para ketum partai politik antara lain Surya Paloh (Partai Nasdem), Prabowo Subianto (Partai Gerindra) dan Suharso Monoarfa (Partai Persatuan Pembangunan).

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x