Pendakwah Anton Medan Meninggal Dunia di Usia 63 Tahun

- 15 Maret 2021, 20:23 WIB
Pendakwah H Ramdhan Effendy alias Tan Hok Liang alias Anton Medan meninggal dunia di kediamannya di Pondok Rajeg, Cibinong, Jabar.
Pendakwah H Ramdhan Effendy alias Tan Hok Liang alias Anton Medan meninggal dunia di kediamannya di Pondok Rajeg, Cibinong, Jabar. //Facebook/H. Anton Medan/

 

BERITA SUBANG -Pendakwah H Ramdhan Effendy aliasTan Hok Liang atau yang dikenal dengan nama Anton Medan meninggal dunia di kediamannya di Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pukul 14.50 WIB.

Kabar duka itu disampaikan Pengurus PITI Jakarta Pusat, Tonny Rasamala."Benar, Anton Medan meninggal dunia," kata Tonny, Senin 15 Maret 2021.

Sementara itu, Ketua Umum PITI Ipong Hembiring Putra mengatakan,  Anton Medan wafat setelah berjuang melawan komplikasi penyakit yang diidapnya yakni stroke dan diabetes.

Anton Medan lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 10 Oktober 1957. Ia menjadi mualaf sejak 1992. Anton Medan memiliki nama Islam H Ramdhan Effendi.

 Baca Juga: Istri Owner PT Kapal Api Laporkan Direksi PT Kahayan Karyacon ke Polisi Terkait Tuduhan Pemalsuan, Penggelapan

Sebelum menjadi pendakwah Anton Medan dikenal sebagai perampok dan bandar judi. Anton Medan mendirikan rumah ibadah yang diberi nama Masjid Jami' Tan Hok Liang. Masjid itu terletak di areal Pondok Pesantren At-Ta'ibin, Pondok Rajeg, Cibinong

Anton mengaku dirinya semula merupakan penganut agama Buddha, lalu beralih ke Kristen dan akhirnya Islam.

Sebelum masuk Islam, Anton dibesarkan di tengah-tengah politik gelap Indonesia. Itu selama pemerintahan Orde Baru Suharto ketika preman digunakan dalam politik, bisnis dan instansi pemerintah.

Pada tahun 1998, Anton Medan dijadikan kambing hitam untuk orkestrasi Kerusuhan Jakarta setelah tuduhan itu diam-diam dicabut. Kerusuhan yang awalnya merupakan demonstrasi mahasiswa untuk memprotes presiden Indonesia Soeharto berubah menjadi demonstrasi anti Tionghoa di Ibu Kota Jakarta.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x