Mantan Atlet Voli Putri Nasional Aprilia Manganang Siap Jalani Operasi Terakhir Menjadi Pria

- 10 Maret 2021, 10:38 WIB
Aprilia Manganang pamer perut kotak-kotak
Aprilia Manganang pamer perut kotak-kotak /Instagram Aprilia Manganang

BERITA SUBANG - Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang, yang kini di dirawat di RSPAD Gatot Subroto siap menjalani operasi sebagai tahapan terakhir dari proses perubahan jenis kelaminnya menjadi seorang pria.

Saat ini, Aprilia Manganang telah menyelesaikan corrective surgery tahap pertama perubahan jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki.

Hal itu disampaikan Aprilia Manganang dalam konferensi pers bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, pada Selasa 9 Maret 2021 sore WIB.

Aprilia Manganang mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena telah dibantu menjalani proses perubahan jenis kelamin ini.

"Ini momen yang sangat saya tunggu. Saya sangat bahagia. Saya berterima kasih kepada semua dokter yang sudah membantu saya," kata Aprilia Manganang.

Baca Juga: Waspada Perpanjangan Paspor Palsu Bagi WNI. Jangan Tertipu, Berikut Ciri-Ciri Untuk Membedakan Asli atau Palsu

Menurut Aprilia Manganang. selama 28 tahun dirinya sudah menunggu hal ini. “Saya bersyukur karena tahun ini bisa tercapai," tutur Aprilia Manganang yang dalam perawatan didampingi kedua orang tuanya, yakni Akip Zambut Manganang dan Suryati Bori Lano.

Menurut Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa, Aprilia Manganang mengalami hipospadia atau kelainan organ reproduksi ketika dilahirkan. Karena keterbatasan peralatan medis ketika itu, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan hanya dari tampilan fisik.

Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapatkan perawatan atau pemeriksaan lanjutan meskipun diketahui mengalami hipospadia. Hal itu tidak lepas dari keterbatasan ekonomi keluarga Aprilia Manganang. Ayahnya hanya sebagai buruh perkebunan, sedangkan ibunya merupakan asisten rumah tangga.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah