Hati-hati, BMKG Beri Peringatan 2 Hari Ini Gelombang Tinggi Diperairan Jawa Barat dan Daerah Lain

- 26 Februari 2021, 13:33 WIB
Ilustrasi perkiraan cuaca BMKG
Ilustrasi perkiraan cuaca BMKG /Foto: Screnshoot laman BMKG/

BERITA SUBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) beri peringatan dini bahwa akan terjadi potensi gelombang tinggi untuk dua hari kedepan, yakni 26-27 Februari 2021 di Jawa Barat dan sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Dari keterangan pers yang disebar Bagian Hubungan Masyarakat, Biro Hukum dan Organisasi BMKG, Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021 bahwa terdapat sistem tekanan rendah 997 hPa di Samudra Hindia selatan Jawa Barat yang berpengaruh pada ketinggian gelombang di perairan barat.

Baca Juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja, Semarang di Ganjar Banjir, BMKG Sebut Ini Penyebabnya

Diantaranya Kep. Mentawai, perairan P. Enggano - Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan dan barat, perairan selatan Banten, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga selatan Jawa Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat laut - utara dengan kecepatan angin berkisar 3-17 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8-30 knot.

Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Ekstrem Bakal Terjadi 3 Hari Kedepan, Ini Wilayah Dilalui

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kep. Mentawai, perairan Kep. Enggano - Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan dan barat, selatan Banten, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga selatan Jawa Barat.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," tulis dari infoBMKG tersebut.

Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan gelombang setinggi antara 1,25 meter sampai 2,50 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan seperti Selat Malaka bagian tengah, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeuleu, perairan timur Kep. Mentawai.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah