Waspada, BMKG Ingatkan Hujan Lebat Bakal Guyur Kawasan Jabodetabek Hari Ini Hingga Sabtu

- 26 Februari 2021, 07:57 WIB
Ilustrasi hujan deras.
Ilustrasi hujan deras. /Genaro Servín/pexels.com/@gesel

 

BERITA SUBANG - Deputi bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Jumat 26 Februari 2021 dan Sabtu 27 Februari 2021, terutama pada malam hingga dini hari.

"Hal ini akibat keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awanhujan" kata Guswanto melalui keterangan tertulisnya, Jumat 26 Februari 2021.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sangat lebat pada periode tanggal tersebut, pertama di Kabupaten Bogor, tepatnya Jasinga, Cigudeg, Sukajaya, Nanggung, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolaya, Tamansari, Leuwiliang, Leuwisaden, Cibungbulang, Ciseeng, dan Cigombong.

Baca Juga: Empat Tahun Bungkam, SBY Akhirnya Klarifikasi Soal Isu Danai Aksi 212

Baca Juga: Spoiler One Piece Chapter 1005 : Sanji Meminta Bantuan Kepada Robin ,Lalu Dibalas dengan Kedipan Mata

Baca Juga: Lowongan Kerja 2021 di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ada Banyak Posisi, Penempatan di Berbagai Daerah

Kedua, Kabupaten Lebak, tepatnya Curugbitung, Sajira, Cimarga, Leuwidamar, Cipanas, Sobang, dan Lebakgedong. Sedangkan wilayah dengan potensi hujan lebat ada di kawasan Jabodetabek, yakni Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, dan Kota Jakarta Timur. Lalu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Bogor

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah