Banjir Masih Menjadi Ancaman Serius Hingga Februari 2021

- 21 Januari 2021, 09:13 WIB
Tangkapan layar beredar sebuah video hoaks yang memperlihatkan banjir di Kalimantan Selatan
Tangkapan layar beredar sebuah video hoaks yang memperlihatkan banjir di Kalimantan Selatan /Akun Twitter @rezhafn//Akun Twitter @rezhafn

BERITA SUBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa banjir masih menjadi ancaman serius di bulan Januari hingga Februari 2021.

Apalagi, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan.

Menurut BMKG, mayarakat perlu mewaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada dasarian III  atau sepuluh hari ke-3 di bulan Januari 2021.

Baca Juga: BMKG Saja Kaget Lihat Indonesia 52 Kali Gempa Diguncang Gempa Hanya Dalam Waktu 20 Hari

Daerah itu yakni Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, sebagian besar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian tengah dan timur, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara dan sebagian kecil Nusa Tenggara Timur.

Kemudian, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat wilayah Kepala Burung dan Provinsi Papua bagian tengah.

Mulai tanggal 18 hingga 24 Januari 2021 ini potensi cuaca ekstrem diprediksi dapat terjadi di di wilayah Indonesia. Terutama, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Baca Juga: KLHK Sebut Banjir Kalsel Akibat Curah Hujan Tinggi Selama Lima Hari

Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.***

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah