Menteri PUPR Resmikan Jembatan Lume yang Melintasi Sungai Bengawan Solo

- 3 Januari 2021, 09:34 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono /Antara Foto

BERITA SUBANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono Minggu 3 Desember 2020 akan meresmikan Jembatan Luwih Haji-Medalem (jembatan Lume).

Jembatan sepanjang 220 meter yang menghabiskan biaya Rp 97,6 miliar membentang di atas Sungai Bengawan Solo dan menghubungkan Kecamatan Ngraho di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dan Kecamatan Kradenan di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Menurut Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur-Bali Achmad Subki, Sabtu  2 Desember 2020, peresmian konektivitas jembatan yang menghubungkan antara Luwih Haji dan Medalem ini salah satunya bertujuan untuk menggerakkan ekonomi di Bojonegoro.

Pasalnya, kawasan di sekitar Jembatan Lume merupakan daerah miskin dan terpencil karena kebutuhan dasar seperti air bersih tidak terpenuhi. Sekalipun datang musim hujan, airnya berlumpur.

Baca Juga: Jakarta Tetap Berlakukan Belajar Daring di seluruh Sekolah pada Semester Genap Tahun 2020/2021

Menurut Achmad Subki, akses-akses menuju pusat-pusat kota dan pusat perekonomian juga tidak tersedia. Padahal, Bojonegoro dikenal sebagai kawasan industri minyak, perkebunan jagung, dan perkebunan singkong.

“Jika saja kebutuhan air bersih tercukupi ditunjang dengan infrastruktur jalan yang memadai, maka akan banyak investor datang berinvestasi,” kata dia.

Menurut dia, dengan dioperasikannya Jembatan Lume ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi sekitar Rp 200 miliar untuk permulaan dan akan terus tumbuh.

"Efeknya, pasti menggerakkan ekonomi. Kalau ada mobil melintas pasti akan muncul warung nasi, bengkel, dan lain-lain. Sewaktu belum ada Jembatan Lume, masyarakat harus memutar melewati Ngawi - Padangan selama 3 jam. Kalau lewat Jembatan Lume, masyarakat hanya perlu menempuh waktu setengah jam," kata dia.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah