Yuk Simak Tips Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Melimpah Meski Puasa

- 7 April 2022, 23:02 WIB
Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. /Dok. sadkes.net/

BERITA SUBANG - Menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui, tentu memerlukan asupan gizi mulai dari saat sahur hingga berbuka, agar produksi air susu ibu (ASI) tetap lancar meski puasa.

Selama ibu sehat dan mampu untuk berpuasa di masa menyusui, sebenarnya sah-sah saja. Tapi tentu ibu menyusui ingin tetap memberikan ASI dalam jumlah yang cukup untuk si kecil meski berpuasa.

Nah, supaya produksi ASI tetap optimal dan lancar saat puasa, berikut beberapa tips yang dapat bunda lakukan:

1. Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, kekurangan cairan parah atau dehidrasi bisa membuat pasokan ASI menurun. Alhasil, kondisi ini tentu akan menghambat proses pemberian ASI untuk si kecil.

Baca Juga: Resep Minuman Setup Nanas, Enak dan Segar

Di samping itu, dehidrasi juga dapat mengacaukan kadar normal garam, gula serta berbagai mineral penting lainnya. Kondisi ini akan membuat berbagai fungsi organ-organ tubuh terganggu, bahkan bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Agar produksi ASI lancar meski berpuasa, sebaiknya tetap minum banyak cairan saat sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan begitu, produksi ASI tetap tercukupi dengan baik saat puasa.

2. Istrahat yang Cukup

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah