Apa sih Daging Meltique Itu ? Apakah Sama dengan Wagyu?

- 3 Juni 2021, 15:16 WIB
Ilustrasi daging sapi.
Ilustrasi daging sapi. /Pixabay.com

BERITA SUBANG - Terkadang kita melihat daging hampir sama, apalagi masih banyak warga Indonesia yang belum memahami istilah-istilah bagian dari daging yang akan dibuat untuk steak.

Ada beberapa macam jenis-jenis daging steak yang akan dibuat untuk steak, dan macam-macam Negara asal dari daging tersebut, ada yang dari Australia,ada Newzealand, USA, dan Jepang.

Dan macam-macam ketebalan steak juga ada di daging steak wagyu contohnya. Daging wagyu ini memiliki hal serupa tapi tak sama dengan  daging steak meltique.

Daging wagyu adalah salah satu daging termahal yang dikenal orang. Apalagi banyak sekarang restaurant all you can eat dengan menyajikan daging steak dengan harga yang bersaing.

Apa sih daging steak Meltique?

Daging steak meltique adalah proses merubah bagian daging sapi menjadi marbling dengan cara menyuntik lemak nabati ke dalam daging untuk mengubah tekstur lemak daging.

Lemak nabati yang sifatnya sintesis ini diolah dari canola oil yang diekstrak dari biji bunga canola.

Pada Umumnya daging yang disuntikan adalah bagian pinggul khas dalam(Sirloin) maupun luar (Tenderloin).

Teknik ini dibuat dari Prancis demi memperkaya rasa menjadi lebih enak dan empuk yang cita rasa seperti daging wagyu saat dijadikan steak.

Dengan adanya proses meltique, maka daging raguler bertransformasi baik dari tekstur hingga rasanya yang mirip dengan wagyu.

Proses meltique tidak membutuhkan biaya yang besar,oleh sebab itu harga daging meltique dijual lebih terjangkau.

Walaupun memiliki tekstur serupa wagyu,namun daging meltique memiliki ciri khas sendiri. Dari hal pola lemak terlihat artisial,yang berbeda dengan daging wagyu asli.

Tetapi daging metique tidak bisa disamakan dengan daging wagyu nilai gizinya,karena hanya tekstur rasa dan bentuk yang menyerupai

Jadi daging meltique sangat menguntungkan untuk restaurant all you can eat yang saat ini sedang buming di kalangan anak zaman now , karena dapat menggunakan daging ini dengan ala daging wagyu dengan harga yang murah dan rasa yang hampir sama dengan  daging wagyu yang lumayan mahal harganya.

Dengan ini para pembuat steak juga bisa menggunakan daging ala wagyu ini.***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x