Bacaan, Niat dan Keutamaan Puasa Arafah Besok, Senin 19 Juli 2021, atau 9 Dzulhijjah, Sehari Sebelum Idul Adha

- 18 Juli 2021, 13:51 WIB
Sejarah Puasa Arafah Bulan Dzulhijjah beserta Niat dan Keutamannya
Sejarah Puasa Arafah Bulan Dzulhijjah beserta Niat dan Keutamannya /lilkar/Getty Images/iStockphoto

BERITA SUBANG - Berikut bacaan, niat beserta keutamaan Puasa Arafah besok Senin 19 Juli 2021, atau 9 Dzulhijjah 1442 H, dimana keutamaannya menghapus dosa dua tahun.

Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, umat islam memang disunnahkan mengerjakan Puasa Arafah.

Idul Adha 1442 H, menurut penjelasan pemerintah jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021, atau dalam kalender Hijriah adalah 10 Dzulhijjah 1442 H.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, Puasa Arafah 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan yang begitu besar dan para ulama memasukkan Puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad).

Seperti diriwayatkan dalam sebuah Hadits dimana Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Artinya:

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," (HR Muslim).

Mayoritas ulama bersepakat bahwa dosa yang dapat dihapus oleh amalan puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah ini adalah dosa kecil. Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim-nya menjelaskan sebagai berikut:

وكذلك صوم يوم عرفة كفارة سنتين ويوم عاشوراء كفارة سنة واذا وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه والجواب ما أجابه العلماء أن كل واحد من هذه المذكورات صالح للتكفير فان وجد ما يكفره من الصغائر كفره وان لم يصادف صغيرة ولا كبيرة كتبت به حسنات ورفعت به درجات وان صادفت كبيرة أو كبائر ولم يصادف صغيرة رجونا أن يخفف من الكبائر والله أعلم

Artinya: “Demikian juga ‘Puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah menjadi kafarah (dosa) dua tahun, dan hari Asyura menjadi kafarah (dosa) setahun. Bila seruan 'amin'-nya berbarengan dengan 'amin' para malaikat, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.’ Jawaban yang dikedepankan para ulama adalah bahwa setiap satu dari dari semua amal yang tersebut itu layak menjadi kafarah. Jika terdapat dosa kecil yang mesti dihapus, maka amal itu akan menghapusnya. Tetapi jika tidak berhadapan dengan dosa kecil tetapi tidak dosa besar, maka amal itu akan menjadi catatan kebaikannya dan mengangkat derajatnya. Jika amal ibadah itu berhadapan dengan satu atau sekian dosa besar dan tidak dosa kecil, kita berharap amal ibadah itu dapat meringankan siksa atas dosa besar tesebut. Wallahu a’lam.” (Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim).

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x