Gempa di Jepang 7,3 SR Hantam Fukushima Ingatkan 10 Tahun Lalu, Tak Ada Peringatan Tsunami Dari Pemerintah

- 15 Februari 2021, 16:40 WIB
Gempa Jepang,
Gempa Jepang, / /Reuters

BERITA SUBANG - Gempa di Jepang berkekuatan 7,3 Skala Ritcher kembali hantam Fukushima, yang terjadi pada Sabtu 13 Februari 2021 pukul 23.08 waktu setempat. Gempa ini mengingatkan kembali peristiwa 10 tahun silam.

Satu hari sebelum hari raya Valentine, bencana alam gempa bumi mengguncang kota Fukushima, Jepang dengan pusat gempa di Jepang berada di lepas pantai Prefektur Fukushima dengan kedalaman 60 kilometer.

Akibatnya, aliran listrik ke hampir satu juta rumah tangga terputus, terdapat penutupan jalan dan pemutusan layanan kereta, serta tanah longsor.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan M5,5 Tejadi di Lampung, Jauh Dari Potensi Tsunami

Dikutip dari nytimes.com, episentrum gempa terletak sama seperti gempa besar 10 tahun lalu, dan ini membangkitkan ingatan mengenai gempa Fukushima yang terjadi pada 11 Maret 2011. Terlebih, gempa di Jepang kali ini datang kurang dari sebulan sebelum peringatan 10 tahun gempa bumi besar di Jepang Timur dan bencana Nuklir Fukushima.

Saat itu, gempa berkekuatan 9,0 SR mengguncang dan menyebabkan tsunami yang menelan 18.000 korban jiwa dan merusak pembangkit listrik tenaga nuklir.

Berbeda dengan 10 tahun lalu, Perdana Menteri Yoshihide mengumumkan pada Minggu pagi, 14 Februari 2021 bahwa belum ada laporan mengenai korban jiwa. Meskipun, menurut NHK (saluran berita Jepang), lebih dari 100 orang terluka.

Baca Juga: Gempa Kuat 7,2 SR di Pasifik Picu Tsunami, Selandia Baru dan Australia Ingatkan Warga Agar Waspada

Tidak ada peringatan tsunami setelah gempa di Jepang kali ini. Tetapi, terdapat gempa susulan dengan skala 4.7SR beberapa jam setelah gempa utama.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: The Guardian Nytimes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah