Laba PT Elnusa Tbk Tumbuh 53 Persen di Kuartal I 2023, Seiring dengan Peningkatan Pendapatan

- 2 Mei 2023, 20:18 WIB
Laba PT Elnusa Tbk tumbuh 53 persen di kuartal I 2023, ini detailnya
Laba PT Elnusa Tbk tumbuh 53 persen di kuartal I 2023, ini detailnya /Tangkap layar elnusa.co.id/

BERITA SUBANG - PT Elnusa Tbk, anak usaha PT Pertamina Hulu Energi, mencatat peningkatan laba bersih sebesar 53 persen di tiga bulan pertama 2023, seiring dengan meningkatnya pendapatan perseroan.

Dilansir dari keterangan resmi perusahaan hari ini, Selasa, 2 Mei 2023, laba bersih PT Elnusa (ELSA), yang tergabung dalam sub-holding upstream PT Pertamina, tercatat sebesar Rp 115 miliar di Januari-Maret 2023.

Angka ini naik dari Rp 75 miliar di periode yang sama tahun lalu.

Perseroan membukukan pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp 3,1triliun, tumbuh 29 persen (year on year/yoy) dibandingkan Rp 2,4 triliun perolehan di periode yang sama tahun lalu.

Dibagi dalam segmen, segmen jasa distribusi & logistik energi menopang 55 persen dari pendapatan perusahaan; sektor jasa hulu migas 32 persen; dan jasa penunjang 13 persen.

Dalam pernyataan tertulisnya, Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam menjelaskan, kinerja positif Elnusa pada kuartal I-2023 ini ditopang oleh upaya management untuk menjaga fundamental perusahaan agar terus menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Menurut Asmal, fundamental tersebut dibangun pada tiga kegiatan usaha di jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi; dan jasa penunjang miga.

"Pertumbuhan pada capaian ini didorong atas peningkatan pada segmen jasa distribusi dan logistik energi pada unit jasa transportasi BBM, peningkatan volume penjualan BBM Inmar dan manajemen depo. Semantara itu, pada segmen jasa hulu migas terdapat peningkatan produktivitas pada jasa drilling dan well services," kata Asmal.

Masih dari keterangan yang sama, Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization (EBITDA) PT Elnusa tercatat sebesar Rp 345miliar, meningkat 39 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yakni Rp 248miliar.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x