BNI Gandeng Shopee Bantu 10.000 UKM Indonesia Menjangkau Pasar Global, Beri Pelatihan di Platform Digital

- 2 November 2021, 14:49 WIB
Kantor pusat BNI di Jakarta
Kantor pusat BNI di Jakarta /Dok. BNI/

BERITA SUBANG - PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI menggandeng perusahaan e-commerce Shopee untuk memberi akses ke 10.000 usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia untuk dapat mengekspor produknya ke berbagai negara.

Program Ekspor Shopee-BNI ini membuka akses pasar bagi UKM yang bergabung dalam program tersebut agar dapat mengekspor ke Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Brasil.

Dalam keterangan tertulis BNI Selasa 2 November 2021, disebut bahwa kerjasama tersebut diharapkan dapat memberi tiga keuntungan bagi UKM yang terpilih untuk program ini, yakni peningkatan visibilitas produk ekspor UKM terpilih pada marketplace Shopee untuk cakupan Asia Tenggara, utamanya Taiwan.

Selain itu, UKM terpilih dapat menikmati pelatihan dan edukasi dari Shopee untuk dapat berkembang di dalam platform digital. Terakhir, UKM terpilih juga akan didaftarkan dalam Program Ekspor Shopee yang memungkinkan para pengusaha tersebut membuka toko dalam aplikasi Shopee. Hal ini menjadikan produk mereka dapat dilihat dan diakses oleh pengguna Shopee di berbagai negara lainnya di dunia. 

"Sebagai Bank asal Indonesia yang memiliki banyak Kantor Cabang di Luar Negeri, BNI melihat bahwa saat ini UKM memiliki peluang ekspor ke berbagai negara, mulai dari pasar Brasil, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Taiwan," kata Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal.

"Pembeli dari negara - negara tersebut  dapat memesan produk UKM Indonesia yang terdaftar di dalam program yang kami buat bersama Shopee,” tambahnya.

"Kami sangat senang dengan kerja sama bersama BNI, yang sejalan dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM. Melalui Program Ekspor Shopee, kami telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal untuk bisa melakukan ekspor hingga pertengahan tahun ini," kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto.

Ia menambahkan Shopee akan terus mendukung pertumbuhan UMKM agar mampu bersaing di kancah global melalui berbagai pengembangan inovasi dan program.

"Kami berharap, dapat menjadi mitra UMKM untuk bertumbuh dalam kuantitas dan kualitas, baik secara lokal maupun global dan produk dalam negeri bisa terus diminati dan dicari,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x