Apple Dilaporkan Sedang Mengembangkan Deteksi Kecelakaan Mobil untuk Apple Watch Tahun Depan

- 2 November 2021, 14:40 WIB
Fitur Fall Detection pada smartwatch Apple Watch yang menjadi dasar deteksi kecelakaan.
Fitur Fall Detection pada smartwatch Apple Watch yang menjadi dasar deteksi kecelakaan. /Dok. support.apple.com/

BERITA SUBANG - Apple dikabarkan akan meluncurkan fitur deteksi kecelakaan dengan smartwatch Apple Watch mereka dan dilaporkan sedang dalam pengerjaan melalui tim riset dan pengembangan mereka.

Berita Gadget Terkini mengenai fitur terbaru yang akan hadir di Apple Watch tahun 2022 ini disampaikan oleh Wall Street Journal, yang mengabarkan bahwa fitur ini akan otomatis melakukan panggilan ke 911 ketika smartwatch mendeteksi adanya kecelakaan.

Fitur ini sendiri akan didasarkan dari fitur fall detection yang telah diperkenalkan di Apple Watch Series 4 yang lalu, sebuah fitur yang dapat mendeteksi apabila pengguna terjatuh dan dapat memanggil kontak darurat apabila dibutuhkan, atau membatalkan apabila pengguna baik-baik saja.

Apple dilaporkan telah melakukan tes sepanjang tahun 2021 ini dan telah dapat mendeteksi 10 juta kecelakaan dan berhasil memasangkan 50.000 insiden semacam itu dengan panggilan berikutnya ke layanan darurat dan jika pengguna memang membutuhkan bantuan, maka akselerasi mendadak yang terdeteksi oleh arloji kemungkinan besar adalah tabrakan.

Google telah melakukan hal yang sama untuk smartphone Google Pixel dua tahun yang lalu dengan aplikasi yang bernama Personal Safety, di mana aplikasi ini juga akan mendeteksi lokasi dari pengguna, serta sensor gerakan dan juga mikrofon yang dapat membaca apakah pengguna mengalami kecelakaan atau tidak.

Fitur deteksi kecelakaan yang akan hadir di Apple Watch ini dikabarkan akan dirilis secara resmi pada tahun 2022 sebagai bagian dari sistem operasi iOS 16 dan juga watchOS 9.

Namun rencana ini bisa saja berubah dan Apple memutuskan untuk tidak merilis fitur ini dan apabila memang benar diluncurkan, kemungkinan sama seperti pada Google, fitur ini akan terbatas di beberapa negara saja.

***

Editor: Padli


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x