Perikanan Budidaya Jadi Prioritas Pemerintah

- 8 Januari 2021, 14:27 WIB
Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono
Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono /Twitter.com/@saktitrenggono/

BERITA SUBANG -Pemerintah akan menggenjot produktivitas sektor perikanan budidaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga keberlanjutan, dan meningkatkan pendapatan negara.

Menteri Kelautan dan Perikanan  menegaskan pengembangan subsektor perikanan budidaya menjadi prioritas utamanya saat ini.

"Di luar negeri seperti  Australia, Norwegia, Jepang juga Vietnam sektor perikanan budidaya sudah berkembang," kata Menteri KKP di Jakarta, Jumat 8 Januari 2021.

Salah satu strategi Menteri Trenggono untuk menggenjot produksi perikanan budidaya adalah dengan mengoptimalkan peran unit pelaksana teknis (UPT) KKP, khususnya yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Ada Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

Saat ini, UPT diisi oleh sumber daya manusia yang mumpuni sekaligus memiliki lahan yang bisa dikelola menjadi tempat budidaya.

Saat ini, banyak negara yang mengandalkan sektor perikanan budidaya dan tidak lagi bertumpu pada hasil tangkapan di alam yang bila dieksplorasi terus menerus akan mempengaruhi keberlanjutan ekosistem.

"Itulah sebabnya, pengembangan sub-sektor perikanan budidaya termasuk dalam upaya menjaga keberlanjutan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan.

Trenggono juga melakukan pertemuan dengan 15 kepala UPT DJPB dari seluruh Indonesia, didampingi oleh Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x