Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Ada Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

- 8 Januari 2021, 08:48 WIB
Masjid Istiqlal di Jakarta selesai direnovasi. Presiden Jokowi bersama jajarannya langsung meresmikan Masjid Istiqlal pada Kamis, 7 Januari 2021.
Masjid Istiqlal di Jakarta selesai direnovasi. Presiden Jokowi bersama jajarannya langsung meresmikan Masjid Istiqlal pada Kamis, 7 Januari 2021. /Biro Pers Sekretariat Presiden /

BERITA SUBANG- Presiden Jokowi meresmikan renovasi masjid Istiqlal yang telah dikerjakan selama 14 bulan dengan biaya Rp 511 miliar. Peresmian berlangsung di kompleks masjid Istiqlal Jakarta, Kamis 7 Januari 2021.

Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun. Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, renovasi masjid terbesar di Indonesia itu memakan waktu selama 14 bulan dengan sekitar 1.000 orang pekerja.

Renovasi juga membangun terowongan bawah tanah yang menghubungkan masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta. Sebelum dilakukan revonasi, Presiden Jokowi telah telah menyetujui pembangunan terowongan yang diberi nama terowongan silaturahmi.

 "Saya melihat masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi, lantainya juga saya lihat sudah 3 kali, lebih berkilau," kata  Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menilai tata cahaya kompleks masjid juga diganti sangat modern dan indah serta sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi. "Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap memperhatikan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kondisi Kesehatan Aliff Alli Menurun Pasca Terpapar Covid-19

Presiden Jokowi berpesan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal dan Badan Pengelola Masjid agar menjaga masjid Istiqlal dengan baik sehingga tetap indah dan bersih.

"Menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk menjalankan aktivitas keagamaan dan tidak kalah penting mengembangkan program kegiatan yang kreatif sehingga masjid Istiqlal, semakin ramai makin makmur dan didatangi umat sebanyak-banyaknya," ucap Presiden Jokowi.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal terletak di Jalan Taman Wijayakusuma (Jalan Veteran), Gambir, Jakarta Pusat.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x