Ukuran Layar serta Chipset Baru Bisa Melebarkan Jarak Perbedaan Antara iPad Pro dan iPad Air 2022 dari Apple

- 14 Maret 2022, 15:31 WIB
Prosesor iPad Air di tahun 2022 menggunakan M1, sedangkan iPad Pro 2022 dikabarkan akan ditenagai chipset M2 yang akan memperlebar jarak kedua tablet ini.
Prosesor iPad Air di tahun 2022 menggunakan M1, sedangkan iPad Pro 2022 dikabarkan akan ditenagai chipset M2 yang akan memperlebar jarak kedua tablet ini. /Dok. Apple/

BERITA SUBANG - Pada acara Peek Performance yang diadakan Apple baru-baru ini, perusahaan memperkenalkan iPad Air terbaru dengan konektivitas 5G dan chipset M1 yang sejauh ini menjadi ciri khas iPad Pro 2021. Namun, kehadiran iPad Pro 2022 tidak muncul dan ini sesuai perkiraan banyak orang.

Tablet iPad Air 5 memiliki layar yang hampir sebesar iPad Pro 11 inci, yaitu 10,9 inci, RAM entry-level yang sama sebesar 8GB, kamera utama 12MP, dan kamera depan ultra lebar 12MP dengan fitur Center Stage.

Model iPad Pro yang lebih kecil jelas merupakan tablet yang lebih baik dengan berkat layar ProMotion yang lancar, RAM hingga 16GB dan penyimpanan 2TB, Face ID, konfigurasi kamera belakang ganda dengan unit ultrawide 10MP ekstra dan sensor kedalaman LiDar, lebih banyak speaker, dan koneksi 5G mmWave yang lebih cepat. Model Pro iPad Pro 12,9 inci bahkan lebih unggul dengan layar mini-LED.

Wartawan Bloomberg yang terkenal dengan pemberitaan mengenai Apple, Mark Gurman, sebelumnya mengatakan model iPad Pro baru akan memakan waktu lebih dari satu tahun, dan dalam Berita Gadget Terkini melalui buletin Power On miliknya telah mengulangi klaim itu dan memperkirakan tablet akan tiba pada musim gugur ini. Model saat ini sendiri diumumkan pada bulan April tahun 2021 lalu.

Menurutnya, Apple akan melengkapi jajaran iPad Pro 2022 dengan chipset M2 terbaru, yang mungkin akan diproduksi menggunakan proses fabrikasi 3nm dan dilaporkan akan didasarkan pada chipset A15 Bionic. M2 diperkirakan menjadi CPU delapan inti yang sama dengan M1 tetapi mungkin menawarkan GPU 10 inti yang lebih kuat.

Beberapa perubahan perangkat juga tampaknya akan terjadi dan tablet ini kemungkinan akan mendukung pengisian daya MagSafe, tetapi apakah itu akan diaktifkan melalui kaca belakang atau hanya logo kaca, belum ada kepastian untuk saat ini.

Terdapat pula rumor bahwa Apple akan memperkenalkan model 15 inci yang lebih besar, namun hal ini masih sangat diragukan. Apple saat ini membuat salah satu tablet terbaik apabila bukan yang terbaik.

Dengan saingannya Samsung membuat langkah untuk menarik konsumen dengan fitur-fitur seperti layar 14,6 inci yang lebih besar, masuk akal bagi perusahaan untuk bersaing di tingkat yang sama dengan menciptakan tablet berlayar raksasa.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x