Produksi Chipset Berfabrikasi 3nm dari TSMC Dilaporkan akan Dimulai Jauh Lebih Cepat dari Perencanaan

- 5 Maret 2022, 16:09 WIB
Prosesor dengan fabrikasi 3nm dari TSMC dikabarkan akan memulai produksinya lebih cepat dari jadwal sebelumnya.
Prosesor dengan fabrikasi 3nm dari TSMC dikabarkan akan memulai produksinya lebih cepat dari jadwal sebelumnya. /Dok. TSMC/

BERITA SUBANG - Untuk saat ini, TSMC dan Samsung adalah dua perusahaan prosesor yang bergerak lebih dekat untuk memproduksi chipset menggunakan node proses berfabrikasi 3nm.

Sementara TSMC berencana untuk terus menggunakan transistor FinFET untuk 3nm, Samsung berencana untuk menggunakan arsitektur GAA (Gate-all-around) untuk fabrikasi 3nm mereka.

Morgan Stanley dilaporkan melalui Wccftech dalam Berita Gadget Terkini menyatakan bahwa TSMC telah memindahkan jadwal produksi untuk node proses fabrikasi 3nm yang ditingkatkan (N3e) jauh lebih awal dari yang dijadwalkan sebelumnya hingga seperempat.

Hasil produksi untuk chipset berfabrikasi 3nm ini dinyatakan akan lebih tinggi dari yang diharapkan dan pengecoran mungkin akan membekukan desain node N3e pada akhir bulan ini.

Sebagian dari laporan tersebut diposting di Twitter oleh pengguna dengan nama akun RetiredEngineer yang mengambil dari laporan raksasa keuangan bahwa produksi volume untuk node proses N3e bisa saja dimulai selama kuartal kedua tahun 2023 mendatang, dan bukan pada kuartal ketiga.

Menurut laporan Morgan Stanley, densitas logika node proses N3e TSMC kira-kira 8 perse lebih kecil dari N3 asli dengan empat lapisan EUV lebih sedikit. Mesin EUV ini menggunakan sinar ultraviolet untuk membantu menciptakan pola sirkuit pada wafer.

Mempertimbangkan berapa banyak transistor yang muat di dalam sebuah chipset yang ada saat ini ini, pola rangkaian ini akan menjadi sangat sempit seperti halnya balok yang membuat pola ini.

Awalnya, hasil pada chipset N3 TSMC dikabarkan oleh media di Taiwan terlalu rendah dan ini berarti jumlah chipset pada wafer yang gagal melewati kontrol kualitas terlalu tinggi.

Laporan ini termasuk rumor yang mengatakan bahwa beberapa pelanggan TSMC memutuskan untuk tetap bermain aman dan menggunakan chipset yang dibuat menggunakan node 5nm karena hasil yang rendah pada fabrikasi N3.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Wccftech


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x