Prosesor AMD Zen 5 Ryzen 8000 dan GPU RDNA 4 Dirumorkan Tidak akan Dibangun Berdasarkan Fabrikasi 3nm TSMC

- 25 Februari 2022, 17:23 WIB
AMD mungkin harus membuat prosesor Ryzen 8000 Zen 5 dan kartu grafis Radeon RX 8000 RDNA 4 pada proses 4nm TSMC dengan adanya hambatan proses fabrikasi 3nm yang sedang dialami perusahaan.
AMD mungkin harus membuat prosesor Ryzen 8000 Zen 5 dan kartu grafis Radeon RX 8000 RDNA 4 pada proses 4nm TSMC dengan adanya hambatan proses fabrikasi 3nm yang sedang dialami perusahaan. /Dok. TSMC/

BERITA SUBANG - Dr Lisa Su selaku CEO dari AMD telah mengonfirmasi bahwa prosesor desktop seri Ryzen 7000 mendatang berdasarkan arsitektur Zen 4 akan menggunakan proses fabrikasi 5nm dari TSMC. Kartu grafis seri Radeon RX 7000 seri RDNA 3 yang akan datang juga diharapkan menggunakan teknologi yang sama.

Menurut peta jalan yang bocor, penerusnya yaitu Zen 5 dan kartu grafis RDNA 4 dikabarkan menggunakan node 3 nm dari pembuat chipset asal Taiwan ini. Namun, pembocor Twitter @Greymon55 sekarang meragukan spekulasi ini.

Tampaknya TSMC telah mengalami beberapa kendala dengan node 3nm milik mereka, dan itulah sebabnya AMD dapat dipaksa untuk menggunakan node N4 TSMC sebagai gantinya. Sentimen yang sama digaungkan oleh laporan Digitimes, yang menyatakan bahwa hasil 3nm telah di bawah standar, mendorong TSMC untuk membagi proses menjadi sub-node seperti N3E dan N3B.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa TSMC harus menyempurnakan proses lebih jauh lagi berdasarkan OEM-oleh-OEM. Faktor-faktor yang disebutkan di atas dapat mendorong TSMC untuk mendorong tanggal rilis tentatif 3 nm melampaui perkiraan sebelumnya hingga H2, 2022.

Pengguna Twitter lain menimpali, menyatakan bahwa Zen 5 dapat menggunakan fabrikasi 3nm dari TSMC atau diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023 mendatang, tetapi tidak keduanya.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa ada beberapa perusahaan multi-miliar dolar berbaris untuk mendapatkan bagian dari node N3 TSMC. Intel, khususnya, telah menunjukkan minat yang besar di dalamnya, seperti halnya Apple dan MediaTek.

Di sisi lain, Qualcomm telah memutuskan untuk mencoba peruntungannya dengan node 3nm fabrikasi Samsung LSI, yang akan menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan Gate-all-around Field-Effect Transistor (GAAFET).

Jika kesengsaraan TSMC tidak diatasi dalam beberapa bulan mendatang, AMD kemungkinan juga dapat beralih ke Samsung untuk beberapa bagian untuk tingkat yang lebih rendah.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x