Smartphone Sony Xperia 5 IV Dirumorkan akan Ditenagai Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan Tiga Kamera

- 21 Februari 2022, 11:42 WIB
Penerus smartphone Sony Xperia 5 III yang diyakini bernama Xperia 5 IV dilaporkan akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun dengan fabrikasi TSMC.
Penerus smartphone Sony Xperia 5 III yang diyakini bernama Xperia 5 IV dilaporkan akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun dengan fabrikasi TSMC. /Dok. Sony/

BERITA SUBANG - Sony Xperia 5 IV kemungkinan besar akan menggantikan Xperia 5 III sebagai smartphone andalan Sony yang lebih kecil untuk tahun ini. Kebocoran baru kini telah mengungkapkan lebih banyak detail perangkat dengan satu catatan penting adalah niat jelas Sony untuk melengkapi Xperia 5 IV dengan Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan bukan Snapdragon 8 Gen 1 biasa.

Beberapa minggu yang lalu, kabar burung telah terdengar yang memberikan ide awal tentang apa yang diharapkan dari smartphone unggulan utama Sony untuk tahun ini yaitu Xperia 1 IV, dengan sorotan yang memungkinkan bahwa Xperia 1 IV akan memiliki kamera selfie yang tertanam di dalam layar.

Kebocoran baru kini telah mengungkapkan lebih banyak informasi tentang apa yang akan menjadi saudara kandung Xperia 1 IV yang lebih kecil, yaitu Xperia 5 IV, dengan beberapa informasi menarik yang berpotensi untuk membangitkan semangat para penggemar.

Diungkapkan oleh akun bernama It's Fat dalam Berita Gadget Terkini melalui situs forum Cina, Weibo, Xperia 5 IV dinyatakan akan memiliki layar berukuran 6,1 inci yang dilindungi oleh kaca Gorilla Glass Victus. Xperia 5 IV juga mungkin memiliki peningkatan kapasitas baterai dibandingkan pendahulunya, di mana Xperia 5 memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh.

Bagian yang paling menarik dari bocoran tersebut berkaitan dengan prosesor yang berada di dalam Xperia 5 IV, di mana smartphone dikabarkan akan diluncurkan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 buatan TSMC, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Dari segi kamera, konfigurasinya kemungkinan akan tetap tidak berubah dari Xperia 5 III, yaitu sensor Sony IMX557 beresolusi 12 MP sebagai kamera utama, kamera dengan resolusi 12 MP berupa sensor Sony IMX363 sebagai kamera ultrawide, dan sensor Sony IMX663 yang juga memiliki resolusi 12MP sebagai kamera telefoto dengan perbesaran optikal 3 kali.

Xperia 5 III diluncurkan pada bulan April lalu tetapi mulai dijual pada bulan Oktober. Jika informasi tentang Snapdragon 8 Gen 1 Plus akurat, para calon pembeli mungkin harus menunggu beberapa saat hingga Xperia 5 IV diumumkan secara resmi.

Laporan mengklaim bahwa Qualcomm sedang mempercepat produksi Snapdragon 8 Gen 1 Plus, sehingga penantian mungkin tidak berlarut-larut seperti yang diperkirakan kebanyakan orang. Sebagai pengingat, chipset Snapdragon 888 dan vanilla Snapdragon 8 Gen 1 dibangun berdasarkan fabrikasi LSI dari Samsung.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x