MediaTek akan Merilis Chipset Terbaru Mereka yang Dinamakan Dimensity 8000 pada Awal Maret Mendatang

- 17 Februari 2022, 18:28 WIB
MediaTek Dimensity 8000 merupakan chipset yang dibangun berdasarkan fabrikasi 5nm dari TSMC akan mendapatkan peningkatan minor dengan Dimensity 8100 yang akan dirilis pada 1 Maret.
MediaTek Dimensity 8000 merupakan chipset yang dibangun berdasarkan fabrikasi 5nm dari TSMC akan mendapatkan peningkatan minor dengan Dimensity 8100 yang akan dirilis pada 1 Maret. /Dok. Weibo/

BERITA SUBANG - Pada akhir tahun 2021 lalu Mediatek memperkenalkan chipset Dimensity 8000 terbaru mereka yang diluncurkan untuk menyasar kategori smartphone menengah ke atas. Dimensity 8000 merupakan chipset yang dibangun didasarkan pada proses manufaktur TSMC fabrikasi 5nm dan menggunakan desain ARMv8 yang masih bukan pilihan lama di pasaran.

Pembocor terkenal di situs forum Cina, Weibo, yaitu Digital Chat Station membagikan perkembangan terakhir dalam Berita Gadget Terkini yang menunjukkan bahwa MediaTek berencana untuk meluncurkan chipset lain yang sama dengan Dimensity 8000 tetapi memiliki frekuensi yang sedikit lebih tinggi yang diyakini bernama Dimensity 8100.

Digital Chat Station mengungkapkan bahwa MediaTek berharap untuk meluncurkan chipset baru pada 1 Maret. Selain itu, spesifikasinya akan tetap sama seperti di Dimensity 8000 standar tetapi frekuensi performa inti Cortex-A78 akan lebih tinggi, di mana Dimensity 8000 saat ini memiliki kecepatan clock inti sebesar 2.75GHz.

Ia juga menyebutkan bahwa banyak produsen smartphone yang sedang mengembangkan smartphone bertenaga Dimensity 8000 mungkin akan beralih ke chipset Dimensity 8100. Menurut rumor, chipset tersebut kemungkinan hadir dalam seri Redmi K50 atau Oppo Find X5 yang akan datang.

Dari segi spesifikasi, Dimensity 8000 memiliki total delapan inti yang di dalamnya terdapat empat inti kecepatan tinggi Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2.75GHz dan empat inti hemar daya Cortex-A55 dengan kecepatan clock sebesar 2.0GHz, serta ditemani GPU Mali-G510.

Diperkirakan bahwa smartphone yang ditenagai chipset terbaru Dimensity 8100 ini akan diluncurkan pada bulan depan. Mengingat prosesor ini ditujukan untuk smartphone kelas menengah ke atas, kemungkinan chipset ini juga akan hadir di seri terbaru Redmi Note atau Poco dari Xiaomi, atau dapat menjadi alternatif di smartphone kelas menengah OnePlus atau Oppo lain yang akan datang apabila sedikit melihat ke belakang.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x