Google Menambahkan Fitur Terbaru Mirip iOS pada Android 12 PIxel Launcher untuk Pemasangan Aplikasi

- 16 Februari 2022, 15:15 WIB
Pengguna smartphone Google Pixel kini dapat melihat proses pengunduhan aplikasi (kiri), pemasangan aplikasi (tengah), hingga aplikasi telah terpasang (kanan).
Pengguna smartphone Google Pixel kini dapat melihat proses pengunduhan aplikasi (kiri), pemasangan aplikasi (tengah), hingga aplikasi telah terpasang (kanan). /Dok. Berita Subang/

BERITA SUBANG - Ketika pertama kali hadir, sistem operasi iOS pada iPhone tidak memiliki laci maupun pengkategorian aplikasi. Saat pengguna mengunduh aplikasi dari Apple App Store, sebuah ikon langsung menuju ke layar beranda atau folder 'Baru Ditambahkan' di sana. Sementara itu, ikon toko aplikasi baru berubah secara visual saat melewati proses penginstalan.

Berbeda dengan Apple, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android memiliki laci aplikasi, jadi pengguna harus memilih agar aplikasi muncul di layar beranda saat diunduh. Jika fitur ini diaktifikan pada smartphone Google Pixel, kini penanda ikon pemasangan Android 12 baru yang memberi indikasi visual tentang proses pemasangan aplikasi.

Fitur yang hadir pada sistem operasi Android 12 ini serupa dengan iOS. Meskipun tidak bekerja persis sama, indikator terbaru saat aplikasi sedang diunduh dan memberikan bilah kemajuan melingkar untuk menunjukkan kemajuannya.

Kemudian hal yang sama akan terlihat untuk prosedur instalasi sebelum akhirnya mengatur ikon di tempatnya di layar beranda dari pengguna dan hal tersebut sangat mirip dengan proses yang terjadi dengan pemasangan aplikasi App Store pada iOS.

Menurut Mishaal Rahman di Twitter, ini bisa menjadi bagian dari fitur 'play as you download' dari Google untuk Android 12. Fitur ini memberi pengguna kemampuan untuk mulai memainkan game sebelum benar-benar selesai mengunduh. Hal ini berguna ketika game yang diunduh memiliki ukuran file yang besar dan koneksi sedang melambat.

Peluncur smartphone perlu memanfaatkan fitur ini untuk menunjukkan lingkaran kemajuan yang ditunjukkan pada tangkapan layar. Jika Rahman benar, peluncur Pixel sekarang melakukannya di Android 12. Jika itu benar, OEM dan aplikasi peluncur pihak ketiga akan melakukan hal yang sama jika mereka menginginkan fitur ini terpasang.

Namun, mungkin juga Rahman salah dan ini adalah hal lain. Penanda ikon pemasangan Android 12 yang baru ini berfungsi untuk aplikasi selain game dan pengguna tidak dapat membuka aplikasi atau game saat sedang mengunduh. Jadi itu bisa menjadi hal lain yang tidak terkait dengan play as you download meskipun terlihat serupa.

Bagaimanapun, ini adalah fitur baru yang menarik dan dapat membantu orang-orang yang menginstal banyak aplikasi sekaligus.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x