CEO Xiaomi Lei Jun Menyatakan Siap untuk Berhadapan dengan Apple di Pasar Smartphone Unggulan

- 14 Februari 2022, 17:51 WIB
Xiaomi menyasarkan target mereka kepada Apple untuk menjadi merek teratas di Cina dalam tiga tahun ke depan.
Xiaomi menyasarkan target mereka kepada Apple untuk menjadi merek teratas di Cina dalam tiga tahun ke depan. /Dok. Xiaomi/

BERITA SUBANG - Tiga perusahaan smartphone teratas yang memegang pangsa pasar global terbesar adalah Apple, Samsung dan Xiaomi, dengan Xiaomi mengokohkan dirinya di tempat ketiga dengan pangsa pasar 12 persen, menurut laporan terbaru oleh Counterpoint Research.

Meskipun perusahaan Cina yang tidak begitu terkenal di Amerika Serikat seperti yang mungkin digambarkan oleh pangsa pasarnya, Xiaomi secara bertahap, pelan tapi pasti, terus membentangkan sayapnya di banyak wilayah dunia barat lainnya.

Meskipun khususnya di pasar berkembang, perusahaan ini cukup populer dengan smartphone kelas menengah dan terjangkau mereka, itu tidak berarti Xiaomi adalah perusahaan smartphone murah secara eksklusif, dan juga tidak ingin dikenal seperti itu.

Dilaporkan oleh South China Morning Post, CEO Xiaomi Lei Jun baru-baru ini membagikan beberapa rencana perusahaan melalui situs forum Cina, Weibo, yang terutama mencakup peningkatan kompetisi smartphone kelas unggulan, yang juga dikatakan sebagai 'perang hidup dan mati'.

Seperti yang bisa diperkirakan, target nomor satu untuk diatasi, atau lebih tepatnya salah satu contoh ancaman terbesar di mata Lei Jun tidak lain dan tidak bukan adalah raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Apple.

"(Kami bertujuan untuk) sepenuhnya dibandingkan dengan Apple dalam hal produk dan pengalaman, dan menjadi merek kelas atas terbesar di Cina dalam tiga tahun ke depan," tegas Lei Jun.

Jun juga melaporkan rencana Xiaomi untuk menginvestasikan 100 miliar yuan (sekitar Rp225 miliar) dalam penelitian dan pengembangan dalam lima tahun ke depan untuk mencapai tujuannya untuk mengatasi persaingan pasar smartphone kelas atas.

Taruhannya tinggi untuk Xiaomi setelah Apple menggeser Samsung Electronics untuk menjadi vendor smartphone top dunia pada kuartal keempat tahun lalu, merebut 22 persen pangsa pasar global di belakang permintaan yang kuat untuk lini iPhone 13.

Pada kuartal kedua tahun 2021 lalu, Xiaomi berhasil menjadi manufaktur smartphone terbesar kedua di dunia untuk pertama kalinya, mengungguli Apple dan tepat di belakang Samsung, di mana 17 persen pangsa pasar global Xiaomi pada kuartal itu didorong oleh peningkatan pengiriman smartphone di Amerika Selatan, Afrika dan Eropa Barat.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: South China Morning Post Counterpoint


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x