Apple Harus Menghadapi Gugatan Hukum Terkait Kasus Jelly Effect yang Terjadi pada Pengguna iPad Mini 6

- 12 Februari 2022, 16:38 WIB
Terdapat pengguna yang mengajukan gugatan hukum kepada Apple karena mengalami keanehan pada tablet iPad Mini 6.
Terdapat pengguna yang mengajukan gugatan hukum kepada Apple karena mengalami keanehan pada tablet iPad Mini 6. /Dok. Apple/

BERITA SUBANG - Tidak lama setelah iPad Mini 6 dirilis pada bulan September lalu, beberapa pengguna memperhatikan bahwa layar LCD mereka mengalami 'jelly scrolling' pada tablet mereka. Apple mengatakan ini adalah kejadian yang mungkin dialami pengguna, namun sekarang perusahaan menghadapi gugatan dari pengguna iPad Mini 6.

Kejadian jelly scrolling sendiri adalah ketika setengah dari tampilan perangkat menyegarkan terasa lebih lambat dari setengah lainnya dan menghasilkan semacam efek bergoyang.

Karena masalah ini dilaporkan telah dari pengguna iPad Mini 6 yang merasa dirugikan pada musim gugur yang lalu, Apple menyatakan bahwa hal tersebut adalah hal normal untuk layar LCD, termasuk yang digunakan di iPad Mini 6.

Dilaporkan pertama kali oleh MacRumors dan dilanjutkan oleh Patently Apple, gugatan ini menunjukkan bahwa beberapa pengguna iPad mini 6 tidak puas dengan penjelasan itu. Gugatan telah diajukan oleh pengguna Christopher Bryan dari Colorado, yang menuduh bahwa kecacatan pada iPad Mini 6 ini berarti bahwa layar 'membengkok, melengkung, mengaburkan, dan mengaburkan teks dan gambar" hingga tidak dapat digunakan.

Kecacatan ini juga diklaim menimbulkan pusing, migrain, hingga muntah ketika tablet digunakan. Untuk saat ini, Apple tetap melanjutkan penjualan iPad Mini 6, menolak untuk memperbaiki masalah ini, dan bersikeras bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah.

Dalam gugatannya, penggugat mencatat bahwa perangkat lain yang menggunakan layar LCD tidak terlalu terpengaruh dengan efek jeli ini, termasuk iPad Air milik Apple. Gugatan itu juga menuduh Apple menyembunyikan cacat ini karena terus menjual iPad mini 6 ke pembeli baru.

Gugatan tersebut menuduh Apple melanggar undang-undang persaingan California, undang-undang periklanan palsu, penipuan, dan banyak lagi. Melalui gugatan, penggugat mencari keringanan keuangan bagi siapa saja yang membeli iPad Mini 6.

Perjalanan kasus ini masih panjang sebelum dapat dilanjutkan, dan gugatan class action umumnya cenderung gagal sebelum itu terjadi. Kita harus menunggu dan melihat apakah gugatan iPad Mini 6 ini menghadapi nasib yang sama atau tidak.

***

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: MacRumors


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x