Chipset Exynos 2200 dari Samsung Mengalami Lonjakan Performa yang Kurang Signifikan dari Exynos 2100

- 10 Februari 2022, 16:57 WIB
Hasil pengujian chipset terbaru Exynos 2200 dari Samsung terbukti hanya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan pendahulunya Exynos 2100.
Hasil pengujian chipset terbaru Exynos 2200 dari Samsung terbukti hanya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan pendahulunya Exynos 2100. /Dok. Samsung/Samsung

BERITA SUBANG - Exynos 2200 mengalami banyak perbincangan ketika dirilis, bahkan sebelum diluncurkan, terutama karena kemitraan Samsung dengan AMD untuk menghadirkan GPU berkinerja tinggi ke smartphone. Namun, jika dibandingkan dengan Exynos 2100 menurut angka kinerja terbaru tampaknya chipset terbaru ini sedikit menimbulkan kekecewaan.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh TechAltar di Twitter untuk chipset Exynos 2200 akan mengecewakan siapa pun yang berharap bahwa Samsung akhirnya akan belajar dari daftar panjang kesalahannya dan memproduksi massal silikon khusus yang mengesankan baik dalam kinerja maupun efisiensi daya.

Ia memberikan angka-angka hasil pengujian CPU octa-core dari Exynos 2200 terbaru dalam Berita Gadget Terkini hanya 5 persen lebih cepat dibandingkan dengan inti yang berjalan pada chipset pendahulunya Exynos 2100.

Sedangkan, GPU Xclipse 920 berbasis AMD RDNA2 adalah yang lebih menarik untuk disimak menghasilkan prosesor grafis baru ini hanya mengalami peningkatan sebesar 17 persen dari ARM Mali-G78 MP14 yang dapat ditemukan di Exynos 2100.

Satu-satunya harapan yang ditemukan adalah angka NPU, yang memperlihatkan 115 persen lebih cepat dari tahun lalu, yang tidak akan terlihat ke dalam pengalaman di dunia nyata. TechAltar juga menunjukkan bahwa efisiensi daya dan metrik panas tidak dibagi, sehingga keadaan bisa menjadi jauh lebih buruk jika Exynos 2200 saat ditekan performanya.

Dia juga mengatakan bahwa Qualcomm memiliki GPU yang lebih baik, dengan perusahaan telah menghasilkan peningkatan performa 50 persen dibandingkan dengan generasi terakhir yang memperlebar kesenjangan kinerja pada chipset antar generasi.

Namun, tes GPU di OpenCL sebelumnya mengungkapkan bahwa Exynos 2200 dengan nyaman mengalahkan Snapdragon 8 Gen 1. Namun, Snapdragon 8 Gen 1 mengalahkan Exynos 2200 dalam tes GFXBench sebelumnya dan dalam kinerja multi-core, Exynos 2200 mengalahkan Snapdragon 8 Gen 1 tetapi tetap kalah dari Snapdragon 8 Gen 1 dalam skor single-core.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x