Gmail akan Mendapatkan Perombakan Desain Besar yang Mulai Digulirkan pada Pekan Depan

- 6 Februari 2022, 16:21 WIB
Pada tanggal 8 Februari, Google akan mulai menggulirkan perombakan desain untuk Gmail dengan mendapatkan integrated view.
Pada tanggal 8 Februari, Google akan mulai menggulirkan perombakan desain untuk Gmail dengan mendapatkan integrated view. /Dok. Google Blog/

BERITA SUBANG - Google akhirnya akan mulai meluncurkan desain ulang Gmail yang pertama kali dipamerkan pada tahun lalu. Perusahaan menyebut antarmuka dalam pembaruan sebagai "integrated view" atau tampila terintegrasi.

Hal ini dilakukan untuk untuk mengintegrasikan layanan perpesanan terbaru Google, Google Chat (pesaing Slack dan penerus Hangouts) dan Google Meet (pesaing Zoom) ke dalam Gmail. Bagian utama sebagian besar akan tetap sama, tetapi ada banyak perubahan pada bilah sisi navigasi Gmail.

Saat ini, sidebar Gmail menampung bagian yang diharapkan, seperti Kotak Masuk, Draf, Sampah, dan daftar label. Desain ulang ini akan menambahkan panel navigasi baru dengan tingkat yang lebih tinggi ke sisi kiri halaman, memungkinkan pengguna beralih antara Gmail, Google Chat, Spaces (obrolan grup Google Chat), dan Google Meet.

Selain empat opsi navigasi aplikasi, bilah sisi baru juga memiliki setumpuk ikon di bagian bawah yang belum sepenuhnya dijelaskan. Mereka terlihat seperti gambar profil obrolan, jadi itu bisa berupa obrolan aktif atau kontak berbintang. Karena belum ada yang mencoba antarmuka ini, detailnya belum banyak diketahui.

Posting blog Google memiliki garis waktu terperinci untuk peluncurannya. Mulai pekan depan, tepatnya pada tanggal 8 Februari, antarmuka baru menjadi keikutsertaan, namun pengguna dapat kembali ke tampilan Gmail klasik di pengaturan (Google mencatat pembaruan akan memakan waktu 15 hari untuk diluncurkan ke semua orang).

Pada bulan April, pengguna akan secara otomatis terdaftar di antarmuka baru. Pada akhir kuartal kedua tahun 2022, antarmuka baru akan menjadi standar untuk Gmail, tanpa opsi untuk menggunakan antarmuka klasik.

Google juga menyatakan akan ada pengalaman navigasi baru yang efisien di web Obrolan (mail.google.com/chat), yang kemungkinan berarti pengguna akan mendapatkan pengaturan bilah sisi yang serupa di mana mereka dapat melompat ke Gmail langsung dari Google Chat.

Selain bilah sisi baru, desain ulang Gmail yang baru juga mengubah warna dan tata letak Gmail. Panel surat utama sekarang tinggal di kotak putih dengan sudut membulat, sedangkan elemen navigasi (sebagian besar layar saat ini) tidak ditekankan dengan warna abu-abu muda.

Warna aksen untuk tombol "compose" dan bagian yang dipilih saat ini dulunya berwarna merah, tetapi sekarang berwarna biru. Merah sendiri adalah warna merek Gmail, tetapi dengan ikon pelangi baru dan penghapusan sorotan merah, mereka yang telah terbiasa menggunakan Gmail kemungkinan harus terbiasa dengan perubahan ini.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah