Google Kemungkinan Besar akan Mendorong Tablet ke Depannya Terlihat dari Daftar Pekerjaan yang Diumumkan

- 30 Januari 2022, 15:36 WIB
Google terlambat menyadari pentingnya tablet sebagai perangkat masa depan.
Google terlambat menyadari pentingnya tablet sebagai perangkat masa depan. /Dok. support.google.com/

BERITA SUBANG - Apple meluncurkan tablet pertama mereka yaitu iPad generasi pertama kembali pada tahun 2010 lalu dan untuk sebagian orang hal ini dipandang sebelah mata, mengingat di waktu yang sama smartphone telah ada dan sedang berkembang.

Pada saat itu tablet hanya dianggap sebagai smartphone yang lebih besar, namun saat ini terbukti bahwa iPad adaah tablet terpopuler di pasaran dan masih akan bertumbuh untuk ke depannya.

Tidak perlu waktu lama untuk Google merilis tablet dari mereka, di mana perusahaan merilis beberapa tablet di lini Nexus, dengan Nexus 7 menjadi salah satu perangkat yang paling diingat dalam sejarah Google dengan tablet Android terakhir dari perusahaan adalah Pixel C. Jelas, ada banyak tablet Android pihak ketiga yang diluncurkan selama bertahun-tahun, meskipun rilisnya tidak biasa seperti dulu.

Setelah Pixel C, Google beristirahat dari pasar komputer, lalu muncul kembali dengan jajaran komputer baru di jajaran Pixel Slate, yang kali ini dijalankan di Chrome OS. Mereka bertahan satu generasi sebelum Google keluar dari pasar tablet sepenuhnya.

Meskipun kemungkinan tidak akan ada tablet Google lain, tampaknya perusahaan siap untuk mencoba lagi membantu mencuri sebagian pangsa pasar dari Apple.

Sebuah posting pekerjaan baru dari Google menunjukkan dorongan baru perusahaan di pasar tablet, di mana daftar pekerjaan adalah untuk Manajer Teknik Senior, Pengalaman Aplikasi Tablet Android.

"Kami percaya bahwa masa depan komputasi sedang bergeser ke arah tablet yang lebih kuat dan mumpuni. Kami bekerja untuk memberikan babak komputasi dan masukan berikutnya dengan meluncurkan dukungan tanpa batas di seluruh platform dan pengalaman hebat kami yang membuka cara baru dan lebih baik untuk menjadi produktif dan kreatif," berikut bunyi deskripsi pekerjaan yang diberikan oleh Google.

Daftar tersebut tidak mengisyaratkan akan ada tablet Google baru. Namun, tampaknya Google ingin karyawan membantu membawa tablet Android ke pasar melalui mitra OEM. Dengan kata lain, Google mungkin akhirnya memahami bahwa jika tablet Android akan berhasil, OEM membutuhkan dukungan dari Google dan tidak hanya melakukan semuanya sendiri.

Peluncuran sistem operasi Android 12L adalah salah satu tanda pertama bahwa Google mungkin akan mencoba lagi merambah pasar tablet. Namun, lowongan pekerjaan ini menunjukkan bahwa perusahaan akan melakukan lebih dari sekadar meluncurkan versi Android yang mempertimbangkan tampilan yang lebih besar.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: 9to5Google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x