Masih Ingat Nokia N Gage? Handphone Gaming Legenda Ini Kemungkinan akan Bangkit Kembali di Masa Depan

- 28 Januari 2022, 18:21 WIB
Nokia N Gage yang melegenda kemungkinan akan hadir di masa mendatang dalam bentuk smartphone.
Nokia N Gage yang melegenda kemungkinan akan hadir di masa mendatang dalam bentuk smartphone. /Dok. Twitter @NgageOfficial/

BERITA SUBANG - N Gage merupakan salah satu produk yang mengambil langkah berani dari Nokia dalam menggabungkan smartphone yang menjalankan sistem operasi Symbian dan konsol gaming genggam dan memiliki masa-masa kejayaannya sendiri.

Walaupun Nokia N Gage melengserkan Game Boy Advance tetapi masih memiliki sekelompok penggemar, dan di antara mereka adalah Michael Fitzmayer, yang telah memproduksi rantai alat berbasis CMake untuk SDK Symbian asli.

Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan pada perangkat dengan membuatnya lebih mudah diakses oleh alat tahun 2020-an, dan dapat berfungsi untuk menghadirkan aplikasi generasi baru ke handphone Nokia lama yang telah terlupakan saat ini.

Kehadiran smartphone sendiri dalam beberapa pandangan orang mulai tercipta dengan hadirnya iPhone pertama dari Apple pada tahun 2007 lalu, namun smartphone sendiri telah hadir lebih jauh dengan prototipe IBM asli, dan akan mengingatkan setiap orang yang ragu bahwa Nokia yang telah dikalahkan iPhone adalah smartphone yang sangat sukses hingga saat ini.

Nokia pada saat itu tampaknya tidak memahami apa yang mereka miliki di Symbian, dan merilis serangkaian perangkat yang menimbulkan pertanyaan yang sebenarnya dimaksudkan untuk mengisi setiap pasar yang ada tanpa menyadari bahwa pasar yang Nokia butuhkan adalah mereka yang dapat dengan mudah menjalankan aplikasi sesuai pilihan mereka.

Symbian sendiri menjadi bagian dari sistem operasi perangkat yang telah lama ditinggalkan, tetapi selama sejarahnya sempat ada periode di mana versi sumber terbuka dirilis.

Dengan adanya proyek seperti ini masih mungkin untuk menghidupkan kembali minat pada sistem operasi yang mampu namun terlupakan ini, mengingat biaya perangkat keras yang mungkin menjalankannya kini telah lebuh terjangkau dibandingkan pada masanya.

Nokia selama bertahun-tahun telah dirumorkan bahwa mereka akan membangkitkan N Gage dalam bentuk smartphone, bahkan rendernya telah dibagikan oleh banyak pembocor. Untuk saat ini smartphone yang paling mendekati N Gage dalam segi bentuk adalah Lenovo Legion 2 Pro yang ditujukan pemakaiannya dalam orientasi landscape, sama seperti N Gage.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x