MediaTek Merilis Chipset Kompanio 1380 yang Diklaim Memiliki Performa Tinggi Hemat Daya untuk Chromebook

- 27 Januari 2022, 19:49 WIB
MediaTek resmi meluncurkan chipset terbaru mereka yang ditujukan untuk Chromebook premium bernama Kompanio 1380.
MediaTek resmi meluncurkan chipset terbaru mereka yang ditujukan untuk Chromebook premium bernama Kompanio 1380. /Dok. MediaTek/

BERITA SUBANG - MediaTek terlihat telah mulai meningkatkan permainannya di dunia chipset, di mana perusahaan ini telah dikenal dengan chipset kelas menengah dan terjangkau selama beberapa tahun terakhir, 2022 adalah tahun di mana perusahaan memutuskan untuk merilis chipset unggulan MediaTek Dimensity 9000.

Dari tolok ukur yang bocor, Dimensity 9000 dapat bersaing melawan Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 dari Samsung terbaru dan bahkan mengalahkan mereka dari segi CPU.

Namun, MediaTek tidak berhenti sampai di situ, perusahaan dalam Berita Gadget Terkini dilaporkan juga telah menyiapkan chipset baru yang ditujukan untuk Chromebook premium yang disebut Kompanio 1380, yang menjanjikan kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah.

Dari Chromebook terbaru yang ada di pasarana saat ini, di mana kebanyakan dari kelas bawah,banyak di antaranya didukung oleh chipset dari MediaTek. Perusahaan ini adalah salah satu pembuat chipset terbesar di ruang Chromebook, tetapi sejauh ini, keberhasilannya sebagian besar tetap terbatas pada kelas menengah ke bawah.

Dengan Kompanio 1380, MediaTek ingin memperluas ke perangkat kelas atas, seperti versi baru Acer Chromebook Spin 513, yang telah diumumkan secara resmi beberapa pekan lalu dengan label harga $600 (sekitar Rp8,6 juta) dan ditenagai chipset MediaTek Kompanio 1380.

Kompanio 1380 adalah CPU octa-core dengan empat core ARM Cortex-A78 berkinerja tinggi yang berjalan pada kecepatan clock hingga 3GHz. Walaupun ini bukan inti Cortex-X1 atau Cortex-X2 yang sangat besar, tetapi performanya masih cukup bagus, dan yang terpenting, mereka menggunakan daya yang jauh lebih sedikit.

MediaTek Kompanio 1380 sendiri dibangun dalam proses fabrikasi 6nm, walaupun tidak secanggih Dimensity 9000 yang dibangun dengan fabrikasi 4nm, tetapi masih tergolong kompetitif.

MediaTek mengatakan bahwa para gamer dapat menantikan kinerja lima inti ARM Mali-G57, ditambah fasilitas seperti decode perangkat keras AV1, dukungan untuk layar eksternal besar (dua 4K 60Hz atau satu 4K 60 dan dua 4K 30), dan quad-channel 2133MHz LPDDR4X RAM. Ini juga mendukung Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.

Dalam banyak hal, Kompanio 1380 menyerupai Snapdragon 7c+ Gen 3 Qualcomm yang baru. Qualcomm menyebutnya sebagai "kelas entri" sementara MediaTek memasarkan Kompanio baru sebagai "premium", dan itu menunjukkan perbedaan dalam pendekatan kedua perusahaan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x