Samsung Memperkenalkan Kartu Pembayaran yang Dilengkapi dengan Pemindai Sidik Jari untuk Peningkatan Keamanan

- 26 Januari 2022, 17:47 WIB
Samsung memperkenalkan teknologi autentikasi biometrik pada pembayaran untuk kartu dengan sirkuit terpadu.
Samsung memperkenalkan teknologi autentikasi biometrik pada pembayaran untuk kartu dengan sirkuit terpadu. /Dok. Samsung/

BERITA SUBANG - Samsung telah meluncurkan chip keamanan sidik jari all-in-one pertama di industri untuk kartu pembayaran. Teknologi yang dinamakan S3B512C mencakup pembaca sidik jari, elemen keamanan, dan prosesor keamanan, yang berarti membuat kartu debit atau kredit dengan sidik jari menjadi sangat mudah.

Samsung mengatakan Integrated Circuit (IC) atau sirkuit terpadu milik mereka ini telah disertifikasi untuk EMVCo dan Common Criteria Evaluation Assurance Level (CC EAL) 6+. Ini juga melewati spesifikasi Biometric Evaluation Plan Summary (BEPS) terbaru dari MasterCard.

Chip baru ini dapat membaca sidik jari melalui sensor biometrik, menyimpan dan mengautentikasinya dengan Elemen Keamanan yang dilkaim tidak dapat rusak rusak, serta menganalisis dan memproses data menggunakan Prosesor Keamanannya.

Kartu pembayaran yang menggunakan teknologi baru Samsung ini diklaim dapat melakukan pembayaran lebih cepat dan aman dibandingkan kartu konvensional, dan chipset ini bahkan diklaim memiliki dukungan teknologi anti-spoofing, yang menolak upaya tidak sah untuk menggunakan kartu melalui metode seperti sidik jari buatan.

Perbedaan implementasi teknologi autentikasi biometrik dari Samsung dibandingkan dengan kartu yang ada saat ini.
Perbedaan implementasi teknologi autentikasi biometrik dari Samsung dibandingkan dengan kartu yang ada saat ini.

"S3B512C menggabungkan sensor sidik jari, Elemen Keamanan dan Prosesor Keamanan, menambahkan lapisan otentikasi dan keamanan ekstra dalam kartu pembayaran," ujar Kenny Han, Wakil Presiden Pemasaran Sistem LSI di Samsung Electronics.

Ia juga menyampaikan bahwa teknologi ini juga dapat diimplementasikan untuk akses gedung seperti ketika seorang karyawan atau siswa dalam melakukan absensi menggunakan autentikasi biometrik.

"S3B512C terutama dirancang untuk kartu pembayaran tetapi juga dapat digunakan pada kartu yang memerlukan otentikasi yang sangat aman seperti identifikasi siswa atau karyawan, keanggotaan atau akses gedung," ujar Kenny Han.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah