Fitur Adaptive Charging pada Smartphone Google Pixel Dikabarkan akan Hadir di Chromebook dan Chrome OS

- 26 Januari 2022, 17:28 WIB
Sistem operasi Chrome OS pada Chromebook mendatang dilaporkan akan memiliki dukungan fitur adaptive charging yang membuat lebih tahan lama.
Sistem operasi Chrome OS pada Chromebook mendatang dilaporkan akan memiliki dukungan fitur adaptive charging yang membuat lebih tahan lama. /Dok. Berita Subang/

BERITA SUBANG - Fitur Adaptive Charging bisa dibilang salah satu fitur yang terdapat pada smartphone Google Pixel yang saat ini dipandang sebelah mata.

Fitur ini sendiri hadir baru-baru ini dan dirancang untuk mengisi daya smartphone pengguna secara perlahan saat dicolokkan semalaman dan mengurangi ketegangan pada baterai dan memungkinkannya umur baterai untuk bertahan sedikit lebih lama.

Lagi pula, tidak perlu mengisi daya smartphone dengan cepat setiap saat, apalagi jika pengguna memiliki kebiasaan mencolokkannya saat akan tidur. Google dalam Berita Gadget Terkini dikabarkan sedang mengerjakan fitur serupa untuk Chromebook.

Perangkat laptop pada umumnya adalah kandidat utama untuk fitur semacam ini, di mana kebanyakan orang biasanya mengisi daya smartphone dan mencabutnya setelah mencapai 100 persen, orang biasanya tetap akan mencolokkan pengisi daya pada laptop.

Walaupun terlihat normal untuk membiarkan laptop tetap terhubung untuk waktu yang lama, bahkan ketika kita sedang menggunakannya hal tersebut sebenarnya dapat memiliki efek yang sangat negatif pada baterai dalam jangka panjang.

Fitur adaptive charging atau pengisian daya adaptif pertama kali ditunjukkan di Chromium Gerrit dari situs 9to5Google. Namun, cara kerjanya akan bekerja sedikit berbeda dibandingkan dengan yang terdapat di jajaran smartphone Google Pixel.

Alih-alih mengisi daya laptop secara perlahan dalam semalam, fitur ini akan menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan kebiasaan pengguna dan mengisi daya laptop yang sesuai, mungkin sehingga terisi penuh tepat pada saat dapat benar-benar dicabut.

Pemberitahuan akan memberi tahu pengguna jika pengisian daya adaptif telah dimulai, dan pengguna yang tidak menyukai fitur ini akan dapat menonaktifkannya. Ini akan membuat umur baterai dapat bertahan lebih lama jika diterapkan dengan benar.

Untuk saat ini, belum diketahui apakah fitur tersebut akan masuk ke semua Chromebook atau akan tetap eksklusif untuk yang lebih baru atau lini Pixelbook Google sendiri. Akan menjadi berita baik apabila fitur ini dirilis untuk semua orang di versi Chrome OS mendatang.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: 9to5Google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x