MediaTek Dimensity 9000 Mengalahkan Performa Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 di Geekbench

- 26 Januari 2022, 16:24 WIB
Melalui pengujian di platform Geekbench 5, chipset MediaTek DImensity 9000 mengalahkan performa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 dari Samsung.
Melalui pengujian di platform Geekbench 5, chipset MediaTek DImensity 9000 mengalahkan performa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 dari Samsung. /Dok. mediatek.com/

BERITA SUBANG - Prosesor Dimensity 9000 dari MediaTek yang diumumkan akhir tahun 2021 lalu serta Exynos 2200 yang belum diumumkan belum mencapai smartphone saat ini, namun pengujian terhadap kedua chipset ini telah dilakukan hingga saat ini.

Pembocor terkenal di Twitter bernama Ice Universe melalui cuitannya di akun @UniverseIce dalam Berita Gadget Terkini baru saja membagikan hasil Geekbench 5 baru, yang menunjukkan kinerja masing-masing chipset unggulan saat ini.

Seperti yang terlihat dari grafik yang ia tampilkan, orang dapat dengan mudah mengatakan bahwa A15 Bionic dari Apple masih memimpin, baik dalam skor single-core maupun skor multi-core.

Namun, jika kita melihat dari segi Android, mulai terlihat persaingan yang cukup sengit. Ada pemenang yang jelas dalam skor multi-core dan itu adalah Dimensity 9000 dari MediaTek. Faktanya, skor yang diraih lebih dekat dengan A15 Bionic dari Apple daripada varian chipset Android lainnya.

Dimensity 9000 juga berhasil menang dalam skor single-core, meskipun dengan Snapdragon 8 Gen 1 menyusul dengan nilai yang cukup tipis. Exynos 2200 dari Samsung terlihat tertinggal di belakang semua dalam tes Geekbench 5 khusus ini, dengan skor yang sangat mirip dengan Snapdragon 888 dari tahun 2021.

Meskipun mudah untuk menarik kesimpulan dari perhitungan matematis yang telah dilakukan, chipset sering memiliki performa berbeda setelah diimplementasikan di smartphone di dunia nyata dan seperti semua prosesor, tidak peduli apakah seluler atau bukan, untuk melakukan yang terbaik, mereka membutuhkan pendinginan yang tepat untuk menjaga kestabilan performa.

Kemungkinan besar kita akan mulai melihat banyak smartphone yang ditenagai dengan chipset MediaTek Dimensity 9000 dalam beberapa bulan ke depan.

OnePlus, Xiaomi, Motorola, dan bahkan Samsung semuanya diharapkan untuk meluncurkan model ini dan hanya dengan begitu kita dapat melihat apakah salah satu dari mereka benar-benar berhasil memanfaatkan chipset Dimensity 9000 secara maksimal.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x