Oppo Merilis Buku Putih Mengenai Sinyal Nirkabel untuk Komunikasi Tanpa Memakan Daya Masa Depan

- 23 Januari 2022, 14:10 WIB
Iliustrasi komunikasi di masa mendatang dengan sinyal nirkabel dan tanpa memakan daya menggunakan frekuensi radio.
Iliustrasi komunikasi di masa mendatang dengan sinyal nirkabel dan tanpa memakan daya menggunakan frekuensi radio. /Dok. Oppo/

BERITA SUBANG - Baterai tidak dapat dipungkirai merupakan komponen penting yang seringkali tidak diperhatikan dalam teknologi modern, tetapi satu perusahaan sedang mempertimbangkan masa depan di luar mereka. Adalah Oppo yang telah menerbitkan buku putih baru yang membayangkan sistem "komunikasi tanpa daya" yang bebas baterai untuk perangkat IoT kecil dan berdaya rendah.

Makalah ini bersandar pada gagasan elektronik bertenaga gelombang frekuensi radio ambien (RF) yang tidak perlu bergantung pada sumber daya onboard untuk berfungsi. "Dalam waktu dekat, perangkat IoT akan dapat memanen energi langsung dari Bluetooth, Wi-Fi, dan sinyal ponsel, sehingga menghasilkan fitur unggulan seperti ukuran lebih kecil, daya tahan lebih baik, dan biaya lebih murah," terang perusahaan.

Perusahaan percaya bahwa sistem ini akan mengurangi penggunaan baterai dan oleh karena itu akan dapat menurunkan biaya perawatan sekaligus mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Perangkat yang menarik daya melalui udara bukanlah konsep baru. Samsung baru-baru ini meluncurkan remote TV pintar yang memanen energi melalui Wi-Fi 2.4GHz. Motorola dan Xiaomi juga telah mendemonstrasikan solusi pengisian daya perangkat sekitar di masa lalu.

Menariknya, Oppo memang menyarankan teknologi tanpa daya, secara teori, memungkinkan perangkat yang dapat dikenakan untuk mengisi daya secara pasif juga. Ini akan sangat membantu untuk memecahkan masa pakai baterai yang mengerikan dari jam tangan pintar modern.

Oppo melihat manfaat lain menggunakan frekuensi radio untuk daya. Dengan menggunakan sistem komunikasi tanpa daya ini, perangkat dapat menyematkan informasi dalam sinyal itu dan menyampaikannya ke luar. Oppo percaya bahwa ini dapat memungkinkan perangkat untuk bertindak sebagai suar komunikasi berdaya rendah di industri berat, transportasi, atau rumah pintar.

Perusahaan menguraikan kasus penggunaan potensial lainnya untuk teknologi tanpa daya, termasuk tag lokasi yang tidak memerlukan penggantian baterai atau peningkatan teknologi pelacakan jarak jauh untuk spesies seperti burung yang bermigrasi.

Oppo dilaporkan telah menguji kelayakan teknologi dan akan mulai mendorong protokol komunikasi tanpa daya untuk penggunaan di masa mendatang. Namun untuk saat ini, dan kemungkinan besar di masa depan, baterai fisik akan tetap menjadi tulang punggung dunia digital kita. Namun, beberapa perusahaan mengambil gagasan dunia bebas baterai sedikit lebih serius daripada sebelumnya.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x