Dimensity 10000 Dirumorkan Adalah Chipset Unggulan MediaTek Mendatang untuk Menyaingi Snapdragon 8 Gen 2

- 19 Januari 2022, 18:02 WIB
MediaTek dirumorkan akan menyaingi Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm dengan chipset fabrikasi 3nm dari TSMC yang dinamakan Dimensity 10000.
MediaTek dirumorkan akan menyaingi Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm dengan chipset fabrikasi 3nm dari TSMC yang dinamakan Dimensity 10000. /Dok. MediaTek/

BERITA SUBANG - MediaTek telah secara resmi memperkenalkan chipset unggulan mereka pada bulan Desember tahun 2021 lalu yang bernama Dimensity 9000 disusul dengan alternatifnya dengan beberapa penurunan yang dinamakan Dimensity 8000.

Meskipun chipset tersebut belum masuk ke smartphone mana pun di pasaran, Dimensity 9000 sudah memiliki beberapa peminat, dan tampaknya menjadi chipset yang lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Namun, MediaTek tidak berpuas diri, dan tampaknya dalam Berita Gadget Terkini yang dilaporkan oleh Equal Leaks, perusahaan sudah menyiapkan chipset andalan generasi berikutnya, sebuah chipset yang kemungkinan akan dinamakan Dimensity 10000.

Dimensity 10000 diperkirakan akan dibangun berdasarkan fabrikasi 3nm dari TSMC dan menjadi peningkatan yang signifikan dibandingkan fabrikasi 4nm yang terdapat pada Dimensity 9000 yang dijanjikan perusahaan memakan daya yang lebih rendah 30 persen dibandingkan pendahulunya.

Apabila rumor ini benar adanya dan akurat, Dimensity 10000 akan berhadapan langsung dengan Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm. Penerus Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini dikabarkan sudah dalam pengerjaan tetapi rumor saat ini mengatakan bahwa tidak akan menggunakan fabrikasi Samsung dan akan menggunakan proses 4nm dari TSMC.

Hal ini akan menarik untuk disimak ke depannya karena Dimensity 10000 akan berada pada simpul yang secara kualitatif lebih baik dan mengingat MediaTek telah berhasil menyusul Qualcomm dalam hal penjualan chipset setelah sekian lama, kemungkinan dominasi perusahaan akan berlanjut apabila Qualcomm tidak meningkatkan kinerja mereka untuk ke depannya.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x