Fokus Kepada Penjualan Xbox Series X dan Xbox Series S, Microsoft Hentikan Produksi Xbox One

- 15 Januari 2022, 10:50 WIB
Microsoft resmi menghentikan produksi konsol gaming Xbox One.
Microsoft resmi menghentikan produksi konsol gaming Xbox One. /Dok. xbox.com/

BERITA SUBANG - Xbox One pertama kali dirilis oleh Microsoft pada bulan November 2013 sebagai saingan dari PS4 dari Sony yang diluncurkan hanya selang beberapa hari sebelumnya dan kini perusahaan telah menghentikan produksi seri konsol gaming ini.

Microsoft sendiri secara diam-diam menghentikan pembuatan semua konsol Xbox One pada akhir tahun 2020 dan melalui wawancara mereka bersama The Verge dalam Berita Gadget Terkini perusahaan mengungkapkan bahwa mereka berhenti memproduksi konsol Xbox One pada akhir tahun 2020 untuk memfokuskan upayanya pada konsol generasi baru.

"Untuk berfokus pada produksi Xbox Series X dan Xbox Series S, kami menghentikan produksi untuk semua konsol Xbox One pada akhir tahun 2020," demikian bunyi pernyataan dari Microsoft.

Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi di semua Xbox One (baik versi X maupun S) digital beberapa bulan sebelum peluncuran Xbox Series X pada tahun 2020. Namun, komentar terbaru dari perusahaan menunjukkan bahwa penerbit juga berhenti memproduksi versi kaset Xbox One S hanya beberapa bulan kemudian.

Ada kemungkinan bahwa fokus sepenuhnya pada produksi konsol Seri Xbox telah membantu meringankan masalah pasokan untuk Microsoft di tengah kekurangan pasokan suku cadang elektronik yang saat ini terjadi di seluruh dunia.

Berita penghentian datang tak lama setelah dilaporkan bahwa Sony akan memproduksi lebih banyak konsol PlayStation 4 dari yang direncanakan, di mana perusahaan telah merencanakan untuk menghentikan produksi PS 4 pada akhir tahun 2021. Namun, kekurangan PS5 yang sedang berlangsung tampaknya telah mendorong mereka untuk terus memproduksi PS4 untuk sementara waktu.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: The Verge


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x