Pembaruan Beta 2 untuk Sistem Operasi Android 12L kini Tersedia untuk Perangkat yang Didukung

- 13 Januari 2022, 21:16 WIB
Pembaruan beta 2 pada sistem operasi Android 12L kini telah dirilis untuk jajaran smartphone Google Pixel.
Pembaruan beta 2 pada sistem operasi Android 12L kini telah dirilis untuk jajaran smartphone Google Pixel. /Dok. android-developers.googleblog.com/

BERITA SUBANG - Sistem operasi terbaru Android 12 pertama kali dirilis oleh Google pada bulan Oktober tahun 2021 lalu dan segera diikuti oleh pratinjau pengembang Android 12L.

Android 12L sendiri adalah pembaruan penurunan fitur yang dirancang khusus untuk menghadirkan beberapa pengoptimalan dan peningkatan untuk perangkat yang dapat dilipat (smartphone lipat) dan perangkat layar besar seperti tablet.

Kembali sebelum rilis penuh sistem operasi Android 12, terdapat pembaruan Android 12.1 pada bulan September tahun 2021 lalu dan pada saat itu, kami mengetahui bahwa pembaruan akan membawa beberapa fitur baru untuk perangkat yang dapat dilipat.

Fitur-fitur ini termasuk antarmuka panel ganda untuk naungan notifikasi, pengaturan, dan layar kunci, bilah tugas khusus, dan banyak lagi. Pembaruan Android 12L beta pertama tiba untuk jajaran smartphone Google Pixel pada saat itu dan sekarang memasuki beta yang kedua.

Dalam kondisi yang ada saat ini, tidak banyak yang dapat diuji pada smartphone biasa untuk Android 12L, di mana tidak banyak membantu selain menyesuaikan tata letak beberapa antarmuka sistem untuk memanfaatkan tampilan yang lebih besar dengan lebar layar lebih besar dari 600dp, yang berarti pengguna memerlukan tablet untuk melihatnya. Ada juga beberapa fitur yang memanfaatkan tampilan besar yang berhubungan dengan hal-hal seperti multitasking.

Dari changelog yang terlihat, tidak ada perubahan besar pada pembaruan ini dan hanya berupa beberapa perbaikan bug kecil, namun ini perbaikan penting yang merupakan langkah untuk menuju perilisan penuh Android 12L ini yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Maret 2022 mendatang.

Pembaruan beta 2 Android 12L ini kini tersedia untuk smartphone Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL, Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL, Google Pixel 4a, Google Pixel 4a 5G, Google Pixel 5, Google Pixel 5a, namun belum tersedia untuk smartphone terbaru dari Google yaitu Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: XDA-Developers.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah