Google Mulai Memberikan Rincian yang Terdapat pada Pembaruan Bulanan Sistem Google Play di Dalam Smartphone

- 12 Januari 2022, 17:16 WIB
Google kini memberikan detail atau rincian pembaruan Google Play yang dapat diakses oleh para pengguna.
Google kini memberikan detail atau rincian pembaruan Google Play yang dapat diakses oleh para pengguna. /Dok. Berita Subang/

BERITA SUBANG - Google secara berkala meluncurkan pembaruan sistem Google Play untuk perangkat Android terlepas dari patch keamanan bulanan untuk smartphone Pixel dan perusahaan cenderung memperbaiki bug atau menambahkan fitur baru.

Pembaruan untuk sistem operasi ini antara lain seperti layanan lokasi, Peringatan darurat, sinkronisasi kontak dan data, dll, dan fitur ini merupakan bagian dari Project Mainline, yang pertama kali hadir pada sistem operasi Android 10.

Hal ini membuat Google memungkinkan untuk melakukan perbarui beberapa komponen Android tanpa meluncurkan versi sistem operasi baru atau memerlukan persetujuan operator. Sebagian besar pengguna tetap tidak mengetahui sistem Google Play yang baru dibangun karena mereka dipasang secara otomatis di latar belakang.

Namun, apabila pengguna penasaran untuk mengetahui apa saja yang dirilis oleh Google, perusahaan sekarang memiliki halaman dukungan yang merinci peningkatan di setiap versi baru.

Pembaruan sistem Google Play berlaku baik untuk smartphone, tablet, smarwatch yang menjalankan Wear OS, Android Auto, dan perangkat Android bersertifikasi Google lainnya, ini yang menyebabkan changelog di halaman dukungan Google menyebutkan peningkatan di beberapa perangkat yang berbeda.

Sementara pengembangan sistem Play telah diluncurkan selama beberapa tahun sekarang, perusahaan hanya mencantumkan perubahan mulai Desember 2021. Halaman ini juga menyoroti peningkatan dalam pembaruan Play Store dan Layanan Play bulanan.

Pembaruan untuk bulan Desember tahun 2021 sendiri membawa peningkatan untuk masa pakai baterai, konektivitas perangkat, penggunaan jaringan, privasi, stabilitas, keamanan, dan keterbaruan.

Pengguna dapat melihat rincian pembaruan Google Play dengan memilih opsi Pengaturan > Keamanan > pembaruan sistem Google Play.
Pengguna dapat melihat rincian pembaruan Google Play dengan memilih opsi Pengaturan > Keamanan > pembaruan sistem Google Play.

Sedangkan, pembaruan Januari 2022 berisi peningkatan untuk sistem manajemen zona waktu dan dukungan untuk perubahan transisi waktu musim panas baru di beberapa negara. Pengguna dapat memeriksa versi sistem Google Play yang diinstal pada smartphone Android Anda dengan menavigasi ke Pengaturan > Keamanan > Pembaruan sistem Google Play.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x