Samsung Resmi Menutup Tizen App Store Secara Permanen dan Tidak Dapat Diakses Lagi oleh Pengguna

- 9 Januari 2022, 17:13 WIB
Samsung Z4 merupakan smartphone terakhir dari perusahaan yang menjalankan sistem operasi Tizen.
Samsung Z4 merupakan smartphone terakhir dari perusahaan yang menjalankan sistem operasi Tizen. /Dok. samsung.com/

BERITA SUBANG - Samsung secara resmi menghentikan platform Tizen Store dari smartphone mereka yang ditenagai sistem operasi Tizen dan mulai tanggal 31 Desember, tidak ada lagi pengguna yang dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi dari toko. Ini adalah kerugian besar bagi para pengguna yang masih menggunakan smartphone Tizen.

Kembali pada bulan Juni tahun 2021 lalu, Samsung telah menghentikan layanan bagi pengguna baru untuk menggunakan Tizen Store dan mengunduh aplikasi atau game baru, di mana hal tersebut hanya terbuka untuk pengguna yang ada untuk menginstal aplikasi yang diunduh sebelumnya, dan sekarang, layanan tidak lagi tersedia untuk semua pengguna.

Jika pengguna saat ini mengunjungi aplikasi atau situs web Tizen Store, maka kode kesalahan akan ditampilkan di layar. Layanan telah ditutup untuk seluruh smartphone yang menjalankan sistem operasi Tizen termasuk Samsung Z1, Z2, Z3 dan Z4 di semua negara. Samsung sendiri telah meninggalkan smartwatch Tizen untuk platform Wear OS 3 Android.

Di sini, Galaxy Watch 4 dan semua smartwatch yang akan datang dapat berjalan di Wear OS. Untuk smartphone yang menjalankan sistem operasi Tizen, model terakhir adalah Samsung Z4, yang dirilis pada 2017 dan perusahaan tidak pernah mengungkapkan smartphone baru, sehingga sebagian besar pengembang perlahan meninggalkan platform.

Kembali pada tahun 2018 lalu, aplikasi populer bernama ACL untuk Tizen telah ditutup dari platform, di mana ini adalah aplikasi yang populer dan diperlukan untuk mengunduh beberapa aplikasi Android terkenal di Tizen. Setelah itu, banyak aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Modern Combat, Asphalt 8, Line, dan banyak lagi yang dihentikan dari Tizen Store.

Ini merupakan isyarat untuk seluruh pengguna smartphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Tizen setelah menggunakan Tizen Store selama beberapa tahun untuk saatnya meninggalkan smartphone Tizen Samsung untuk smartphone yang menjalankan sistem operasi Android, iOS, atau HarmonyOS.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x