Asus Mulai Menggulirkan Pembaruan Stabil Android 12 untuk Smartphone Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

- 1 Januari 2022, 19:43 WIB
Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip mulai mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 12.
Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip mulai mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 12. /Dok. asus.com/

BERITA SUBANG - Asus dilaporkan telah melakukan pengujian sistem operasi terbaru Android 12 untuk smartphone Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip selama beberapa bulan ini dan kini perusahaan telah siap untuk merilisnya secara resmi.

Asus melalui situs resmi mereka mengumumkan dalam Berita Gadget Terkini bahwa mereka secara resmi merilis pembaruan stabil sistem operasi Android 12 untuk Zenfone 8 dan juga Zenfone 8 Flip yang merupakan smartphone unggulan di samping jajaran ROG Phone.

Pembaruan stabil sistem operasi Android 12 untuk Zenfone 8 dengan nomor model ZS590KS memiliki versi firmware 31.1004.0404.73 sedangkan untuk Zenfone 8 Flip dengan nomor model ZS672KS memiliki versi firmware 31.1004.0404.61.

Perlu diingat pula bahwa pembaruan sistem operasi Android 12 ini hanya dapat dilakukan untuk kedua smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 11 dengan nomor seri WW-30.12.112.72 untuk Zenfone 8 dan nomor seri WW-30.13.35.8 untuk Zenfone 8 Flip.

Para pengguna smartphone Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip seharusnya telah mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaruan ke sistem operasi Android 12 dan dapat memeriksanya secara manual dan berkala dengan memilih opsi Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.

Berikut adalah changelog yang disampaikan resmi oleh Asus mengenai pembaruan sistem operasi pada smartphone Zenfone 8 dan juga Zenfone 8 Flip:

  • Perubahan pada Mobile Manager, Contacts, Phone, File Manager, Calculator, Clock, Gallery, Weather, Sound recorder, Settings, Data Transfer, Local backup, Setup wizard, System update apps.
  • Menyesuaikan panel Pengaturan Cepat, baki notifikasi, dan panel volume ke desain Android 12.
  • Menambahkan dasbor privasi, indikator kamera dan mikrofon, menampilkan akses papan klip, perkiraan akses lokasi, dan fitur akses mikrofon.
  • Mengganti ASUS Safeguard dengan Android 12 Emergency SOS.
  • Memperkenalkan desain halaman widget baru di Launcher. Menyesuaikan posisi opsi tangkapan layar dan menghapus ikon aplikasi kursi panas di halaman Ikhtisar.
  • Menghapus opsi tata letak Pengaturan Cepat di pengaturan Tampilan.
  • ASUS Phone menghapus dukungan panggilan SIP karena Android 12 tidak secara asli mendukung panggilan SIP.
  • Beberapa aplikasi pihak ketiga belum kompatibel dengan Android 12.

Ini berarti jajaran smartphone dari Asus yang akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 12 adalah ROG Phone 5 dan ROG Phone 5s yang diperkirakan akan hadir pada kuartal pertama tahun 2022 ini, sedangkan ZenFone 7 dan ROG Phone 3 kemungkinan akan datang pada paruh pertama tahun 2022 ini.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x