OSOM OV1 Merupakan Smartphone yang Akan Diluncurkan dengan Berfokus kepada Privasi Pengguna

- 24 Desember 2021, 19:39 WIB
OSOM OV1 merupakan smartphone yang berfokus pada privasi dan sedang dalam pengerjaan oleh tim di belakang Essential Phone.
OSOM OV1 merupakan smartphone yang berfokus pada privasi dan sedang dalam pengerjaan oleh tim di belakang Essential Phone. /Dok. Android Police/

BERITA SUBANG - Essential PH-1 atau Essential Phone merupakan smartphone yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2017 lalu dan ditenagai Qualcomm Snapdragon 835 dan pembuatannya dikepalai oleh "Bapak Android", Andy Rubin, dan berfokus di hal-hal esensial yang dibutuhkan oleh pengguna.

Kini, tim yang ada di belakang Essential Phone tersebut dalam Berita Gadget Terkini dilaporkan oleh situs Android Police sedang mengerjakan sebuah smartphone yang berfokus kepada privasi pengguna yang dinamakan OSOM OV1. Namun, Andy Rubin sendiri dikabarkan tidak terlibat dalam pembuatan smartphone ini.

Asal-usul di balik nama OSOM OV1 ini sendiri adalah "out of sight, out of mind" atau jauh dari pandangan dan pikiran dan disingkat OSOM, dan juga terdengar seperti "awesome" atau luar biasa. Sedangkan OV1 dimaksukan sebagai OSOM "Vault" 1 atau tempat penyimpanan besi.

OSOM sendiri merupakan perusahaan yang berbasis di Quebec, Kanada, dan dikepalai oleh Jason Keats dan dimulai sejak tahun 2020 lalu. Ia menyampaikan bahwa OSOM OV1 akan memiliki privasi yang jauh lebih aman dibandingkan kompetitor Android lainnya dengan memberi tahu pengguna mengenai seluruh informasi yang dapat diakses.

Dari segi desain, OSOM OV1 akan memiliki konfigurasi dua kamera belakang dan juga pemindai sidik jari kapasitif untuk autentikasi biometrik, serta ditenagai chipset dari Qualcomm yang belum diketahui secara spesifik.

OSOM OV1 diperkirakan akan secara resmi diperkenalkan pada acara Mobile World Congress (MWC) di bulan Februari 2022 mendatang dan akan memiliki antarmuka mirip dengan stock Android serta dipastikan akan memiliki Google Mobile Services atau GMS.

Dari laporan yang diterima, OSOM OV1 saat ini sedang dalam masa pengembangan dan masih ada kemungkinan untuk mengalami perubahan. Sementara itu, Jason Keats menyampaikan dengan tegas bahwa OSOM OV1 bukanlah penerus dari Essential Phone.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Android Police


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah