Samsung Telah Menyelesaikan Pengembangan DRAM LPDDR5X, Memiliki Peningkatan Performa dan Lebih Hemat Daya

- 10 November 2021, 15:14 WIB
Samsung mengumumkan teknologi DRAM LPDDR5X pertama di industri melalui situs resmi mereka.
Samsung mengumumkan teknologi DRAM LPDDR5X pertama di industri melalui situs resmi mereka. /Dok. news.samsung.com/

BERITA SUBANG - Samsung mengumumkan teknologi terbaru mereka di segmen memori dengan memperkenalkan DRAM Low Power Double Data Rate 5X atau LPDDR5X pertama dengan fabrikasi 14nm yang diklaim membawa peningkatan signifikan dari pendahulunya LPDDR5.

"Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, augmented reality (AR) dan metaverse, yang mengandalkan pemrosesan data skala besar yang sangat cepat, telah berkembang pesat," kata SangJoon Hwang, Senior Vice President dan Kepala dari DRAM Design Team di Samsung Electronics.

"LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi berbasis AI seperti server dan bahkan mobil," ujarnya.

Samsung juga yang pertama kali meluncurkan DRAM LPDDR5 dengan kecepatan hingga 6,4Gbps dan kini mereka juga yang pertama kali meluncurkan LPDDR5X dengan kecepatan hingga 8,5Gbps yang berarti memiliki peningkatan lebih dari 1,3 kali lipat.

Teknologi memori LPDDR5X dari Samsung ini selain memiliki peningkatan dari segi kecepatan, juga diklaim lebih hemat daya sekitar 20 persen dibandingkan pendahulunya LPDD55.

Samsung Electronics juga menyampaikan bahwa mereka akan memulai kolaborasi dengan para manufaktur chipset di seluruh dunia untuk mengaplikasikan teknologi LPDDR5X baik untuk perangkat smartphone maupun laptop.

***

Editor: Padli


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x