Xiaomi Memperkenalkan Teknologi Loop LiquidCool dan Menjanjikan Pendinginan yang Lebih Efisien Dua Kali Lipat

- 8 November 2021, 12:24 WIB
Xiaomi memperkenalkan teknologi Loop LiquidCool terbaru mereka.
Xiaomi memperkenalkan teknologi Loop LiquidCool terbaru mereka. /Dok. blog.mi.com/

BERITA SUBANG - Xiaomi melalui situs blog resmi mereka mengumumkan teknologi sistem pendinginan baru untuk smartphone yang dinamakan Loop LiquidCool dan menjanjikan pendinginan dua kali lipat dibandingkan sistem vapor chambers yang digunakan pada kebanyakan smartphone saat ini.

Hal ini didasarkan pada chipset yang ada pada smartphone saat ini mungkin memang semakin kencang, namun juga mengakibatkan smartphone menjadi panas ketika dijalankan dan ini mejadi tugas yang berat untuk smartphone mempertahankan suhunya.

Teknologi Loop LiquidCool ini sendiri dikabarkan Xiaomi akan mulai hadir di banyak smartphone, khususnya smartphone Xiaomi, di paruh kedua pada tahun 2022 mendatang.

Cara kerja sistem pendinginan teknologi Loop LiquidCool dari Xiaomi.
Cara kerja sistem pendinginan teknologi Loop LiquidCool dari Xiaomi.

Adapun cara kerja dari teknologi ini adalah panas dari chipset akan menyebabkan cairan yang berada di segmen penguapan untuk menguap, lalu uap panas akan bergerak melalui pipa di dalam kondensator untuk mengubahnya menjadi cairan lagi dengan frame berbahan metal sebagai pipa panas.

Setelahnya, cairan ini akan bergerak menuju ruang pengisian yang bertugas mengisi ruang penguapan, begitu seterusnya hingga siklus baru terbentuk.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan sistem pendinginan pipa panas yang biasanya dengan beberapa perbedaan. Pertama, uap panas dan cairan pendingin berada di tempat yang terpisah.

Katup Tetsla yang digunakan pada teknologi Loop LiquidCool untuk memastikan cairan bergerak ke arah yang dituju.
Katup Tetsla yang digunakan pada teknologi Loop LiquidCool untuk memastikan cairan bergerak ke arah yang dituju.

Perbedaan kedua dan yang merupakan perbedaan besar adalah sistem pendinginan ini menggunakan katup Tesla yang digunakan agar sirkulasi berjalan dengan semestinya. Katup Tesla ini menggunakan desain yang unik untuk memastikan cairan mengalir lebih mudah ke satu arah.

Halaman:

Editor: Padli


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah