Kementerian Kominfo Tempuh Langkah Simultan untuk Menciptakan Ketangguhan Digital

- 1 September 2021, 15:51 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate (kiri atas) dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan atas) dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Wilayah Jawa Bara pada hari Selasa, 31 Agustus 2021.
Menkominfo Johnny G. Plate (kiri atas) dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan atas) dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Wilayah Jawa Bara pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menyatakan bahwa pemerintah terus melakukan akselerasi transformasi digital nasional melalui empat sektor strategis yang berlangsung secara simultan.

Hal ini dilakukan dalam rangka optimasi teknologi digital dalam mendukung aktivitas sehari-hari dan untuk memperkuat ketangguhan digital, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Empat sektor strategis atau empat pilar penting ini antara lain menyelesaikan pembangunan infrastruktur digital atau infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), melaksanakan pemerintahan digital atau digital governance, memanfaatkan dan menguasai digital ekonomi nasional, serta membangun masyarakat digital.

Menkominfo menyatakan bahwa keempat hal ini tidak bisa diprioritaskan satu dengan lainnya, namun perlu dilakukan secara simultan atau bersama-sama sebagai pilar utama pembangunan digital.

Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan hal ini dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Wilayah Jawa Barat yang berlangsung secara daring dari Jakarta pada hari Selasa, 31 Agustus 2021.

Menteri Johnny menyatakan bahwa infrastruktur digital ini juga menjadi prasyarat utama reformasi pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. 

Infrastruktur digital ini juga penting dikarenakan akan memperkecil gap nasional di dunia digital dan tidak akan ada yang ketinggalan informasi.

Infrastruktur digital ini menurut Menkominfo Johnny G. Plate juga harus diimbangi dengan tersedianya pembangunan masyarakat dalam memanfaatkan potensi digital.

Mengutip pernyataan Presiden Jokowi bahwa pembangunan SDM yang memadai dan berkualitas harus dilakukan agar masyarakat siap dalam memanfaatkan hadirnya internet sekaligus menangkis dampak-dampak negatif yang kemungkinan akan muncul.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x